Darizal Basir Sosialisasi Empat Pilar Bagi Penggurus Muhammadiyah

99

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kurang lebih 150 orang dari beberapa Penggurus Muhammadiyah baik di Kabupaten dan Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, mengikuti sosialisasi empat pilar MPR RI yang digelar oleh Anggota DPR RI Daerah Pemilihaan Sumatera Barat H. Darizal Basir di gedung pertemuan lantai II Hannah Hotel, Minggu (10/6/2018).

Kegiatan itu, diikuti seluruh penggurus Muhammadiyah, yang digelar selama dua hari dan berakhir pada hari ini, Minggu (10/6/2018).

Menurut mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode Darizal Basir menuturkan, empat pilar MPR RI terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

Dan, keempat pilar mutlak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercipta kondisi yang stabil, apalagi dengan situasi saat ini dimana berbagai informasi dengan mudah bisa diakses dan diterima oleh masyarakat.

Sehingga keempat pilar MPR RI bisa dijadikan sebagai tameng dalam membendung informasi yang berpotensi menggerus nilai-nilai kebangsaan.

Lebih dari itu,  keempat pilar MPR RI juga mampu mengatasi berbagai konflik yang sedang maupun yang akan terjadi sehingga mampu diredam atau diselesaikan dengan baik.

“Sosialisasi juga dimaksudkan untuk mencegah berbagai konflik yang cenderung terjadi yang berpotensi memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Darizal Basir juga menjajal kemampuan peserta mulai dari yang mampu membacakan poin Pancasila hingga pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tanpa melihat teks.

Bagi mereka yang mampu, mantan bupati dua periode Pesisir Selatan tersebut langsung memberikan hadiah secara khusus.

Menurutnya, kegiatan sengaja dilaksanakan secara interaktif sehingga nilai-nilai pada empat pilar MPR RI melekat dengan baik ke ingatan seluruh peserta.

Pada kesempatan itu pihaknya juga berharap dan mendorong agar peserta menyebarluaskan informasi yang didapatkan ke keluarga dan masyarakat lingkungannya. (Rega Desfinal)