Dekan FE UNP Pastikan Kesiapan Seminar Internasional PICEEBA 1/2018

132

JURNAL SUMBAR | Padang – Lima hari menjelang Seminar Internasional berjudul Padang International Conference on Economic, Education, Business and Accounting (PICEEBA). Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Dr. Idris, M.Si memastikan kesiapan civitas akademika FE UNP untuk menggelar Seminar Internasional PICEEBA yang akan berlangsung, Senin 2 Juli 2018 mendatang.

Untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan Seminar Internasional PICEEBA yang pertama kali ini. Dekan FE UP, Idris meninjau Auditorium Prof Kamaluddin, Selasa (26/06) petang. Dalam peninjau ini, Dekan FE UNP, Idris didampingi ketua Panitia The 1st PICEEBA 2018, Dr. Marwan.
“Jadi Seminar Internasional PICEEBA ini tinggal lima hari lagi. Oleh karena itu sore ini saya harus cek kesiapan tempat pelaksanaan, kesiapan pendukung serta sound system,” tutur Dekan FE di sela-sela peninjau di Lantai 4 FE UNP.

Pada kesempatan itu, Dekan FE UNP, Idris mengatakan pelaksanaan PICEEBA direncanakan sebanyak dua kali dalam tahun 2018 ini. PICEEBA yang pertama (The 1st PICEEBA 2018) akan diselenggarakan pada 2 Juli 2018, dengan mengusung tema Advancing Business and Economy in the Digital Era. Adapun Topik ataupun skop dari Seminar ini diantaranya: Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Kewirausahaan.

“Tujuan dari pelaksanaan Seminar Internasional ini adalah sebagai ajang untuk saling berbagi hasil penelitian dan mengetahui perkembangan terbaru di dunia ilmu pengetahuan. Oleh karena itu tema yang diambil oleh Seminar Internasional ini disesuaikan dengan tren dan isu terbaru, yaitu perkembangan Bisnis dan Ekonomi di era digital,” terang Idris.

Ditambahkannya, para peneliti yang mengikuti The 1st PICEEBA 2018 dapat mendiseminasikan hasil penelitian yang telah mereka lakukan, sehingga hasil penelitian tersebut dapat terpublikasi secara luas, serta menerima masukan dan tanggapan dari para peneliti lainnya.

Selain itu acara ini juga bermanfaat untuk memperluas pergaulan akademik diantara para peneliti dan dosen, sehingga dapat membuka jaringan yang lebih luas untuk kegiatan penelitian atau studi lanjut nantinya.

Adapun nara sumber utama pada The 1st PICEEBA 2018 nanti, dikatakan Ketua Panitia, Dr Marwan mengatakan, pihaknya menghadirkan empat orang world class speaker dari berbagai Universitas terkemuka dunia yakni, Dr. Shabbir Datsqir (Senior Lecturer in Economics. University Huddersfield, UK), Dr. Ahmed Ferdous (Senior Lecturer In Marketing, Faculty of Business and Law, Deakin University, Australia) dan Prof. Nor Aishah Buang (Professor in Education Policy & Leadership, University Kebangsaan Malaysia) dan pembicara dari UNP sendiri adalah Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd (Senior Lecturer In Education, FE UNP)

“Hingga saat ini, The 1st PICEEBA telah menerima sebanyak 200 artikel ilmiah dari peneliti yang berasal berbagai perguruan tinggi Indonesia dan Malaysia, namun setelah melewati proses review, hanya sebanyak 120 artikel ilmiah yang lolos dan dinilai layak untuk di presentasikan dan dipublikasikan,” ujar Marwan.

Marwan menargetkan artikel-artikel yang lolos tersebut akan dipublikasikan pada Atlantis Press Proceedings yang terindeks Clarivate Analytics, Asean Citation Index, EBSCO, DOAJ, SINTA, dan Google Scholar. Sementara artikel-artikel terbaik akan dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi, International Journal of Business and Management, yang terindex Scopus. (Agusmardi)