Difasilitasi I’tikaf Kit, Mahyeldi Apresiasi Pelaksanaan I’tikaf di Masjid Jihad Perak

159

JURNAL SUMBAR | Padang | Gelaran i’tikaf Ramadhan 1439 H di Masjid Jihad Perak (MJP) resmi dibuka oleh Mahyeldi pada malam ke 22 Ramadhan, Rabu malam 6 Juni 2018.

Ketua MJP Miko Kamal menyampaikan, ada kemajuan dalam pelaksanaan i’tikaf tahun ini, diantaranya 100 pendaftar pertama diberikan I’tikaf Kit yang berisi handuk, sikat gigi, odol dan sabun cair yang dimasukkan ke dalam sebuah tas.

“Di samping itu, pengurus MJP juga menyediakan bantal sebanyak 100 buah sebagai fasilitas istirahat bagi jamaah i’tikaf yang membutuhkan,” ujarnya.

Penyerahan secara simbolis I’tikaf Kit kepada Mahyeldi dilakukan oleh pengurus MJP Irwan Tazar yang didampingi oleh pengurus lainnya. Pada kelompok perempuan, penyerahan i’tikaf kit secara simbolis dilakukan oleh Ummi Harneli Bahar kepada salah seorang jamaah.

Mahyeldi dalam sambutan pembukaan dan tausiyah i’tikaf di hadapan lebih kurang 100 orang jamaah menyampaikan kegembiraannya atas maraknya siar agama di Kota Padang. Kata Mahyeldi, pelaksanaan i’tikaf 5 tahun terakhir tidak hanya pada masjid-masjid besar dan tengah kota saja, tapi juga sudah dilaksanakan di berbagai mushalla-musahalla kecil di seluruh pelosok kota.

Dalam sambutannya, Miko Kamal menyampaikan bahwa i’tikaf akan dilaksanakan sampai malam terakhir Ramadhan. Malam-malam i’tikaf akan diisi dengan tausiyah i’tikaf yang akan disampaikan para ustadz ternama di kota Padang, termasuk Gubernur Sumatera Barat Prof. Irwan Prayitno.

“Juga salah seorang penceramah tausiyah i’tikaf tahun ini berasal dari Palestina, yaitu Syekh Ahmed M Yaghi yang akan menyampaikan tausiyah pada malam Jum’at 8 Juni 2018, pukul 23.00 WIB,” tutur Miko Kamal. rls/mk