Hadapi Lebaran, Pemkab Tanah Datar Laksanakan Instruksi Kapolri

80

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Pidato Kapolri dalam menyambut Lebaran 1439 Hijriah, Selasa (5/6/2018) langsung disaksikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bersama Kapolres Bayu, Kodim, Kejari dan Kepala OPD, serta jajaran Polres Tanah Datar bertempat di Mapolres Tanah Datar.

Usai menyaksikan pidato Kapolri dan menteri terkait di media TV, bupati Irdinansyah mengatakan, Pemda Tanah Datar turut menjalankan arahan Kapolri dalam menghadapi lebaran mendatang.

Untuk itu, sebut Irdinansyah, semua pihak harus tetap berkoordinasi dengan kepolisian dan jajaran Satlantas dalam menghadapi lebaran. Pada hari H, Istano Basa Pagaruyung harus mendapatkan perhatian khusus termasuk tempat parkir.

Disamping itu, Koto Baru yang selama ini rawan macet akan ditangani semaksimal mungkin, Lembah Anai serta titik-titik rawan bencana seperti di Ombilin Singkarak.

Sedangkan untuk mengantisipasi kemacetan jalur lintas Payakumbuh – Padang, Pemda Tanah Datar  menawarkan pengendara melalui jalur itu dapat melewati jalan raya Tanah Datar dari Simpang Piladang menuju Batusangkar, begitu juga jalan raya Lembah Anai menuju Batusangkar.

“Untuk mengantisipasi kemacetan itu kita akan standby-kan piket 24 jam selama libur bersama. Puskesmas, rumah sakit, BPBD atau SAR dan Damkar akan melaksanakan piket bersama, termasuk posko di kantor bupati juga melaksanakan piket untuk koordinasi,” tutur Irdinansyah.

Sekitar himbauan Kapolri agar Pemda mendukung anggaran untuk pemantauan terorisme, Bupati langsung akan mengadakan koordinasi untuk hal tersebut bersama Dandim, Polres, camat, walinagari, babinsa, Kapolsek serta tokoh masyarakat.

Sementara, Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prajas menyebutkan, tentang kesiapan jajarannya dalam pengamanan lebaran tahun ini sekaligus mengingatkan anggota waspada, waspada dan waspada. Bila ada orang asing di lingkungan masing-masing supaya segera melaporkan ke pihak berwenang. (H. Bakhtiar)