Hari Kedua di Sumbar, Tim Jelajah Desa Hadapi Medan Berat di Pasaman Barat

96
Datuk Febby

JURNAL SUMBAR | Pasbar – Hari ini perjalanan Tim Jelajah Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), mengitari pelosok nagari di Sumbar, memasuki hari kedua.

Tim yang akan menjajal dua kabupaten, yakni Pasbar, dan Pasaman ini diperkirakan akan menempuh jalur berat, karena hanya dapat dilalui mobil bergardan ganda.

Selepas sahur dan subuh bersama NU dan Banser NU, di Simpang Empat, rombongan menuju Katiagan, yang berjarak sekitar 120 KM dari Simpang Empat. Di lokasi ini, rombongan yang dipimpin H Febby Datuk Bangso, Staf Khusus Kemendes PDTT yang juga putra Sumatera Barat, akan melihat langsung jembatan Katiagan yang dibangun dari dana desa, sekaligus berdialog dengan masyarakat setempat.

Dari Katiagan, rombongan kembali ke Simpang Ampek dan menuju Sasak untuk berziarah ke makam Buya Sasak, yang berjarak sekitar 50 KM dari Simpang Ampek.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan mengunjungi Pondok Pesantren di Padangtujuah, ziarah ke makan Buya Lubuak Landua dan peresmian Kampung Pelangi, Nagari Sinuruik, yang dikelola Bumnag Sinuruik.

Semua lokasi tersebut terpencar di Kabupaten Pasaman Barat yang memiliki luas 3.888 km² dengan jumlah penduduk mendekati 400 ribu jiwa. (rilis tim media jd kemendes)