Jadi Inspektur Upacara, Kajari Sijunjung Ajak Masyarakat Amalkan Nilai-nilai Pancasila

141

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila ke 73 tahun 2018, di Lapangan Sepakbola Prof. M. Yamin, SH Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Jum’at (1/6/2018), berjalan dengan sukses dan lancar.

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) adalah Kajari Sijunjung, M. Rizal Sumadi Putra, SH, MH dan komandan upacara Zulgafar, HZ Kasi Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Sijunjung.

Perwira Upacara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sijunjung, Drs. Efigon, Pengibar Bendera, Idham Said, Mayirzaldi, Alfani Mulyeni dan Teks Pembukaan UUD 1945, Fadli Ilhami dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sijunjung.

Upacara yang terlihat khidmat itu, dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan Arrival Boy, Ketua DPRD, Yusnidarti, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, (Forkompinda), Ketua Pengadilan Negeri Muaro, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, Asisten, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perwira TNI/ Polri, Hakim dan Jaksa, Instansi Vertikal, Organisasi Wanita dan undangan lainnya.

Kajari Sijunjung, M. Rizal Sumadi Putra, SH, MH membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo, bahwa melalui upacara ini kita dapat meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme? konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut, kita bisa hidup rukun dan bergotong royong, lanjutnya.

“Untuk itu marilah kita jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan diantara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa, mari kita saling bahu membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia,” harap Presiden.

Pada kesempatan itu juga, Pemerintah Daerah melalui Kajari, M. Rizal Sumadi Putra menghimbau kepada semua yang hadir pada upacara tersebut dan kepada masyarakat Kabupaten Sijunjung, bertepatan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1439 H/2018 M ini untuk dapat menghadapi dengan, penuh kesederhanaan, tidak berfoya foya dan saling berbagi kepada yang tidak mampu.

“Menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan kita masing masing dan melaporkan jika terjadi sesuatu atau ada hal hal yang mencurigakan kepada pihak yang berwajib. Menjaga persatuan dan kesatuan terutama diwilayah Kabupaten Sijunjung. Serta bisa menjaga Hati dengan cara saling memaafkan dan saling mengunjungi terutama terhadap keluarga, tetangga dan rekan kerja dimanapun tempat kita bertugas,” pesan Kajari. Andri Kampai