Lanjutkan Sekolah, Semua Tamatan SD dan SMP Payakumbuh Dijamin Dapat Kursi

101

JURNAL SUMBAR | Payakumbuh – Tamatan SD dan SMP di Payakumbuh tidak perlu kuatir tidak tetampung untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi.

“Semua tamatan SD dan SMP tidak perlu kuatir, semuanya bakal ditampung semuanya,” ungkap H.A.H Agustion, Kadis Dikbud kota Payakumbuh kepada media ini, Jumat (29/6).

Menurut Agustion, tamatan SD/MI tahun ajaran 2017/2018 hanya 2.816, sementara Tamatan SMP/MTs mencapai 3.287, berarti ada kelebihan kursi yang belum terisi sebanyak 471 kursi.

Untuk tingkat SMP/MTS tidak terpenuhi sebanyak siswa SMP/MTS yang tamat, hanya saja ada sejumkah sekolah SMP dan MTS yang menerima siswa di luar rayonnya seperti dari daerah tetangga Kabupaten Limapuluh Kota.

Sepanjamg porsi yang diterima dari luar rayon tidak melebihi, Insyaallah semua tamatan SD/MI akan tertampung semua, tidak perlu kuatir, ujarnya..

Sementara untuk tamatan SMP/MTS bila dibanding dengan jumlah tamatan SMA/SMK yang hanya 3000 siswa, sementara tamatan SMP / MTS sebanyak 3.287 orang,berarti ada sekitar 287 siswa yang bakal tidak tertampung, ungkap Agustion.

Solusinya tentu masuk ke sekolah swasta yang mutunya sekarang sudah bagus-bagus, tambah Agustion.

Menyinggung PPDB SMA/SMK menurut Agustion tidak ada kaitan dengan Dikbud Kota, koordinasi kepala sekolahnya ke Propinsi, jelasnya. ( yus )