Liburan Lebaran, Konservasi Penyu Ampiang Parak Diserbu Pengunjung

165

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Disaat menikmati musim libur lebaran, sejumlah objek wisata di Kabupaten Pesisir Selatan dipadati pengunjung. Salah satu lokasi yang menjadi serbuan wisatawan adalah Kawasan Konservasi Penyu Ampiang Parak di Kecamatan Sutera.

Haridman Kambang, pengelola kawasan tersebut mengungkapkan, lokasi itu sudah mulai ramai sejak lebaran tahun lalu. Pengunjung datang dari berbagai daerah tidak saja dari Pesisir Selatan tetapi juga dari berbagai daerah.

“Kawasan konservasi penyu ini sudah mulai ramai dikunjungi sejak lebaran tahun lalu. Tahun ini, semakin meningkat diserbu pengunjung dari berbagai daerah tidak saja dari Pesisir Selatan,” terangnya, Rabu (20/06/2018)

Haridman menyebutkan, kawasan konservasi itu dibuat untuk pelestarian penyu. Selain untuk penangkaran, juga dilakukan penetasan telur penyu untuk menjadi tukik dan dilepas ke laut.

“Penyu (tukik) yang sudah berhasil dilepas ke laut setelah ditetaskan hingga saat ini sudah ribuan ekor. Salah satunya dari jenis Penyu Hijau,” ujarnya.

Fasilitas kawasan konservasi itu menurut Haridman dilengkapi beberapa kolam penangkaran dan fasilitas penetasan. Penyu yang berhasil ditetaskan menjadi tukik, pada waktunya akan dilepas ke laut.

Pengelola ini mengaku konservasi penyu tersebut telah dirintis bersama rekan-rekannya sejak beberapa tahun lalu. Keberadaan penyu di kawasan konservasi itu menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Selain pemandangan alam di pinggir pantai di lokasi koservasi cukup indah dan lingkungannya nyaman, penyu-penyu di penangkaran menjadi magnet untuk menarik pengunjung datang ke tempat itu.

Trini, salah seorang pengunjung yang datang bersama keluarga mengaku senang bermain di lokasi konservasi. Melihat-lihat penyu dari dekat menjadi keasikan tersendiri mengisi masa libur.

“Lokasi konservasi sangat nyaman dengan pemandangan yang lumayan bagus. Selain itu, juga bisa menyaksikan penyu berenang di kolam penangkaran sehingga kami menjadi betah bermain di sini,” tuturnya.

Pengunjung yang datang dapat mengetahui berbagai jenis penyu, baik yang ada di penangkaran maupun yang tidak. Pihak pengelola pun selalu siap untuk memberikan berbagai keterangan apabila pengunjung tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyu dan pengelolaan kawasan konservasi. (Rega Desfinal)