Liburan Lebaran, Sejumlah Ruas Jalan Utama di Sumbar Macet

226

JURNAL SUMBAR | Solok – Memasuki hari ke-tiga (H+3) lebaran Idul Fitri dan liburan, sejumlah ruas jalan utama di Propinsi Sumatera Barat macet total. Ribuan kendaraan roda empat dan ratusan pesepeda motor memadati jalan-jalan di Sumbar.

Berdasarkan pantauan awak media sejak Sabtu (16/6/2018) pagi hingga Minggu (17/6/2018) siang, hampir ruas jalan utama di kabupaten/kota di Sumbar itu dipadati kendaraan para pemudik dan yang liburan.

Misalnya saja di ruas jalan Padang Panjang-Bukittinggi, antrian kendaraan mencapai puluhan kilometer. Begitu juga jalur Padang Panjang-Lembah Anai-Sicincin dan dari Padang tujuan ke Bukittinggi kemacetan kendaraan tak bisa terhindari.

Belum lagi jalur Solok tujuan Danau Singkarak dan Ombilin kemacetan pun kian parah. Bahkan jalur Muaro Kalaban -Solok juga terjadi macet terutama dari arah Muaro Kalaban.

Pantauan arus liburan dan kemacetan juga terlihat di ruas jalan Padang-Painan. Ruas jalan Padang-Painan itu macet disebabkan banyaknya para wisatawan menuju Pantai Carocok Painan dan Pulau Mandeh.

Bahkan salah seorang pengendara mengaku ada yang sempat terjebak macet hingga 4 jam lebih. “Liburan lebaran kali ini macet terlama yang saya rasakan,” keluh Dani salah seorang pengendara asal Sijunjung dari Solok tujuan Batusangkar kepada awak media, Minggu (17/6/2018).

Hingga berita ini diturunkan tak ada kecelakaan akibat kepadatan arus kendaraan itu. Saptarius