Mendes Eko: Media Berperan Penting Dorong Pembangunan Desa

55
Eko Putro Sandjojo

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Eko Putro Sandjojo senang atas kinerja media dalam hal pemberitaan Program Dana Desa.

Kata kunci dari pemberitaan tentang dana desa adalah keikutsertaan dan perkawinan masyarakat dalam program dana desa. Artinya, memberikan informasi media massa kepada masyarakat desa untuk memiliki wawasan tentang program dana desa.

“Gerakan dengan media ini sudah banyak sekali membantu program-program dana desa, salah satunya adalah masyarakat,” kata Menteri Eko, saat buka puasa bersama media, di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 7 Juni 2018.

Dalam dua tahun terakhir, pemberitaan tentang pembangunan desa dalam anggaran dana desa, menurutnya banyak capaian yang berhasil diraih oleh kementeriannya. “Untuk 123.000 km jalan desa, ada prestasi, itu terjadi karena bantuan wartawan,” ujar dia.

Menteri Eko mencondongkan Presiden Joko Widodo tentang pembangunan desa dan lebih dari sekedar dana negara yang digelontorkan ke desa.

“Karena Pak Jokowi percaya di negara yang besar, pertumbuhannya tak bisa sentral,” kata Eko.

Dengan demikian, menteri Eko menyebutkan, salah satu keberhasilan dari dana desa adalah sebanyak 60.000 lebih desa bisa berdikari. Sebab sekaligus pembangunan desa tak mungkin hanya dengan pemerintah pusat.

“Awalnya (dana desa) ada gaduh, tapi dengan ini kita bisa mencapai pembangunan desa yang berkelanjutan,” jelas dia. (rls kemendes)