Mitra Pemkab, PT TSMB Salukan Tenaga Kerja Limapuluh Kota ke Batam

97

JURNAL SUMBAR | Limopuluah Kota – Sedikitnya 7.000 orang calon tenaga kerja di Limopuluah Kota yang belum mendapat kesempatan kerja sampai saat ini.

Mengingat besarnya angkatan kerja yang belum mendapat kesempatan kerja tersebut, Dinas Perindustrian dan Tenaga kerja Kabupaten Limopuluah Kota melalui Kabid Ketenagakerjaan mencoba mencari terobosan dengan menjajaki peluang kerja bagi angkatan kerja yang masih menganggur.

Inovasi dan terobosan yang dilakukan Kabid Ketenagakerjaan itu, merupakan tindak lanjut dari arahan Bupati Irfendi Arbi yang sangat peduli terhadap angkatan kerja yang belum mendapat kesempatan kerja.

Untuk mengatasi penganguran itulah, Bidang Ketenagakerjaan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten 50 Kota melakukan inovasi dengan membuat terobosan bersama dengan lembaga Penyaluran Tenaga Kerja Swasta (LPTKS) yaitu PT. Tunas Sarana Mulia Batam (PT TSMB).

Melalui LPTKS PT. Tunas Sarana Mulia Batam itulah dicarikan peluang kerja untuk calon tenaga kerja dari Limopuluah Kota yang masih menganggur.

Alhandulillah tercatat 18 perusahaan besar di Batam menyatakan siap menampung calon tenaga kerja dari Limopuluah Kota, secara bertahap jelas Kabid Ketenagakerjaan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Limapuluh Kota Afrizal S.Sos. MSi Dt.Tumangguang dalam laporannya pada pembukaan seleksi calon tenaga kerja yang akan ditempatkan di dua perusahaan besar di Batam.

Seleksi calon tenaga kerja itu langsung dilakukan oleh PT. Tunas Sarana Mulia yang dipimpin oleh Satria Indra warga Andaleh Kecamatan Luhak Kabupaten Limopuluah Kota.

Seleksi yang dibuka oleh Bupati Irfendi Arbi itu dilangsungkan di aula Kantor Pangan Limapuluh Kota, Sabtu (23/6).

Nenurut Afrizal (Dt Feri ), ke depan calon tenaga kerja yang masih menganggur akan disalurkan oleh PT. Tunas Sarana Mulia Batam yang menjadi mitra Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Limapuluh Kota, karena Pemkab Limapuluh Kota menjalin kerjasama dengan perusahaan milik putra Luak Limopuluah itu.

Tugas PT. Tunas Sarana Mulia Batam yang mendapat rekomendasi dari
Menteri Perindustrian RI itu mulai dari pengenalan perusahaan, rekruitmen tenaga kerja dengan tahapannya pengenalan perusahaaan, tes tertulis dan tes wawancara.

Setelah calon tenaga kerja yang ikut seleksi, dinyatakan lulus, akan dicek medical serta wawancara akhir dengan user/perusahaan pemakai.

Yang dinyatakan lulus langsung tandatangani kontrak kerja 2 tahun. Seluruh biaya pemberangkatan nanti ditanggung oleh perusahaan pemakai, tambah Afrizal Kabid Ketenagakerjaan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab 50 Kota dalam laporannya.

Menurut Afrizal, jumlah yang mendaftar untuk ikut seleksi 164 orang, sementara yang akan ditampung hanya 100 orang untuk mengisi formasi di PT. Rubenco dan Exelent.

Bupati sangat peduli dalam pemberantasan pengangguran dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung kegiatan ini.

Diharapkan oleh Bupati kepada calon tenaga kerja untuk menjaga adat dan etika, murah senyum dan menjaga nama daerah. (Yus).