Momen Idul Fitri, Pemuda Kaum Bandaro Jambak Air Haji Gelar Silaturahmi

145
Penghulu H. Sengaja Budi Syukur, SH Datuak Bandaro Jambak poto bersama dengan Pengurus Pemuda Kaum Bandaro Jambak. Ist.

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Generasi muda kaum Suku Jambak dibawah pangkuan Penghulu Datuak Bandaro Jambak di Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan manfaatkan momen lebaran Idul Fitri untuk perkokoh silaturahmi.

H. Sengaja Budi Syukur, SH selaku penghulu kaum Jambak memfasilitasi anak kemenakannya bersilaturahmi di Mushalla Kaum Jambak di Tanjung Mudik Air Haji, Minggu (27/6).

Acara yang dihadiri 240 orang pemuda Kaum Bandaro Jambak itu juga dihadiri perangkat Penghulu Datuak Bandaro Jambak, yaitu Darwin selaku Panungkek dan Elin selaku Dubalang.

Dalam sambutannya, Penghulu H. Sengaja Budi Syukur, SH Datuak Bandaro Jambak mengajak anak kemenakannya untuk manfaatkan momen lebaran ini sebagai ajang silaturahmi dan introspeksi diri. “Jaga kekompakan, dan mari sama-sama menjaga aset kaum Jambak di nagari Air Haji berupa sako jo pusako yang telah diwarisi turun temurun,” ujarnya.

“Dengan perkembangan teknologi saat ini akan lebih mudah bersilaturahmi dan komunikasi, namun pertemuan tatap muka seperti ini tetap harus dilestarikan,” tegas mantan Ketua Tim Relawan Cagub Cawagub Irwan Prayitno dan Nasrul Abit itu.

Pada acara ini juga dilakukan pemilihan pengurus Pemuda Kaum Bandaro Jambak, dan terpilih sebagai Ketua: Nopi. Wakil Ketua: Agri dan Ajis, Sekretaris: Temen, Wakil Sekretaris: Sian, Bendahara: Daus, Wakil Bendahara: Mirus.

Selanjutnya, Koordinator Kampung Tanjung Mudik: Isap, Lakuak: Ison, Koto Panai: Uwin, Muaro Gadang: Ijum, Pasa Lamo: Ujang, Kandis: Andi, dan Hilalang Panjang dan Bukik: Ulan. Koordinator Rantau di Jakarta: Upe, dan Pekanbaru: Awen.

Di momen Idul Fitri itu, S Budi Syukur selaku Ketua Ikatan Keluarga Air Haji di Kota Padang juga mengadakan pertemuan dengan mahasiswa dan pelajar Air Haji yang tergabung dalam IPPAH yang juga pulang basamo ke kampung halaman. rls/sbs