Mudahkan Para Muzaki, Baznas Sijunjung Gulirkan Layanan Zakat Dijemput

126

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat tahun ini mulai melayani sistim jemput zakat langsung ke tempat muzaki.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mempermudah para muzaki dalam menyalurkan zakatnya.

Seperti halnya yang telah dilakukan oleh Ketua Baznas H. Yusri didampingi oleh Pelaksana Bagian Perencanaan dan Pelaporan, Meri Mulyadi dan Pelaksana Bidang Pengumpulan Baznas, Agusni Widya Nela yang lansung menjemput zakat dari pemilik Klinik Bersalin Utama Haryanda, dr. Hari Suryana, Sp.OG di Tanah Badantuang, Kecamatan Sijunjung, Rabu (6/6/2018).

Pada Kesempatan itu, Ketua Baznas H. Yusri menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilakukan adalah untuk mendekatkan diri dan mempermudah para muzaki dalam membayar zakatnya serta untuk dapat mengurangi keraguan dari muzaki atas zakat yang telah dibayarkan kepada Baznas.

“Kegiatan ini mulai dilakukan setelah mendapatkan bantuan perangkat printer portable dari Bank Nagari Cabang Sijunjung, dengan alat ini petugas baznas dapat mencetak lansung struk pembayaran zakat atau infak sedekah yang dibayarkan oleh muzaki nantinya,” kata Yusri.

Sementara, dr. Hari Suryana pada kesempatan itu menyampaikan bahwa dengan adanya Baznas yang turun lansung untuk menjemput zakat ke muzaki sangat berdampak positif bagi kepercayaan masyarakat kepada lembaga tersebut. “Artinya dengan kegiatan seperti ini, sangat membantu sekali dan memudahkan bagi muzaki, selain itu, kegiatan ini sangat tepat sasaran,” ungkap Hari.

“Selain tepat sasaran, bukti setor zakat yang dikeluarkan oleh Baznas dapat kita lampirkan dalam pengurangan penghasilan kena pajak pribadi, oleh karena itu, pembayaran zakat melalui Baznas ini berarti sudah melaksanakan 2 kewajiban sekaligus, yaitu untuk membayar zakat dan pajak pribadi sudah langsung terbayarkan,” sambung nya.

Pada kesempatan itu, dr. Hari Suryana juga menghimbau bagi kawan kawan dan teman sejawat, saya berharap mudah mudahan ikut bersama sama menyetorkan zakatnya ke Baznas, terutama di Kabupaten Sijunjung. Andri Kampai