Musliar Kasim dan Rizanda Mahmud Besanan, Dyhan dan Riri Baralek Gadang

250

JURNAL SUMBAR | Padang – Masjid Rahmatan Lila’alamin di Jalan Raya Lubuk Begalung Padang, dipadati ratusan handaitolan dan karib kerabat yang mengikuti prosesi akad nikah putra kedua Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, yakni dr. Dyhan Purna Setia pada Sabtu (23/6) pagi. Prosesi Akad Nikah Dyhan dengan dr Rizkia Chairani Asri (Riri) menghadirkan Gubernur Sumbar sebagai penasehat perkawinan.

Selain mendatangkan tokoh pejabat utama di Ranah Minang, pejabat pusat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Asman Abnur yang diundang untuk memberikan sambutan Resespsi Pernikahan di UPI Sport & Ekhibition Hall.

Hadir dalam Resepsi Pernikahan duo dokter Dyhan dan Riri itu, Mantan Menteri Fahmi Idris dan Inspektur Jenderal Kemenristekdikti RI Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum dan beberapa Rektor PTN/S tak terkecuali pendiri Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK, H. Herman Nawas.

Sebelum Menteri Asman memberikan sambutan Resepsi Pernikahan, Rektor Universitas Andalas Prof. Tafdil Husni, SE. MBA. Ph.D memberikan sambutan sebagai sipangka (tuan rumah –red). Rektor Unand itu mengatakan resepsi pernikahan ini merupakan resepsi pernikahan keluarga besar civitas akademika Unand, karena Bapak Musliar Kasim, yang mantan Rektor Unand berbesan dengan pasangan Bapak Ir, H. Asri, MM Dt Tumangguang Basa-Prof. Dr. dr Hj Rizanda Mahmud, M,Kes.

Mengawali pembukaan resepsi pada Sabtu (23/6), even organizer Wedding Satampang Baniah menampilkan tarian Minang yang mengundang decak kagum para undangan yang hadir, begitu pula disela-sela sambutan tari-tarian Minang lainya.

Pada kesempatan itu, Menteri Asman mengajak kedua mempelai mari menauladani Bapak Musliar Kasim dan Bapak Asri Mukhtar yang telah sukses mengantarkan putra-putrinya ke jenjang pernikahan. Selain itu, Menteri Asman yang juga Ketua Umum IKA Unand ini mengatakan, Islam memang menganjurkan kepada para pemuda untuk melaksanakan pernikahan, karena disunnahkan Rasulullah SAW, sembari mengutip hadis riwayat Thabrani dan Baihaqi, “Barangsiapa telah mempunyai kemampuan untuk menikah, kemudian dia tidak menikah, maka dia bukan termasuk umatku”

Seusai prosesi pembukaan resepsi pernikahan dilanjutkan dengan pembacaan doa dan sesi foto bersama kedua mempelai yang didampingi kedua orangtuanya. Para undangan secara bergantian menaiki pelaminan, diantaranya tampak hadir juga Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dan beberapa Bupati dan Walikota se-Sumbar, seperti, Ali Mukni, Indra Catri dan lainya.

Di sela-sela resepsi, Prof Musliar Kasim, yang saat ini menjabat Rektor Universitas Baiturahmah ini mengungkapkan bahwa dirinya percaya dibawah bimbingan orang tua mempelai putri Bapak Asri Mukhtar dan ibu Prof Rizanda kedua mempelai dapat menjalin rumah tangga dengan baik sesuai yan didambakan.

“Semoga putra kedua saya ini Dyhan dan istrinya Riri senantiasa mendapat berkah serta karunia dari Allah SWT serta menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah, Keluarga yang senantiasa mengedapankan agama Islam dalam perjalanan kehidupan berkeluarga yang saling asah, asih dan asuh dan tetap berlangsung harmonis hingga akhir hayat” harap Musliar Kasim, yang saat ini juga Ketua Umum Orwil ICMI Sumbar itu.

Seperti diketahui Musliar Kasim sebelumnya pernah Menjabat Wamendikbud, karena inovasinya sebagai Rektor Unand banyak menuai prestasi. Di antaranya, membawa Unand sebagai PTN Terbaik II Nasional di luar Pulau Jawa (Hasil Akreditasi BAN PT) ; Peringkat 14 Nasional dalam kriteria alumni perguruan tinggi yang paling diminati perusahaan atau Peringkat I di luar Pulau Jawa (versi Pusdata Majalah Tempo), tak pelak puluhan pejabat pusat juga ramai menghadiri resepsi putra keduanya dari Dra. Hj Nasni Yetti. (Agusmardi)