Pantai Carocok Painan, Objek Wisata Favorit Nan Indah dan Eksotis

288

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Objek wisata di Provinsi Sumatera Barat sangat banyak, mulai dari air terjun, pantai, danau, puncak gunung, dan wisata bersejarah serta wisata lainnya yang sangat indah dan eksotis. Dan, salah satu objek wisata paling terkenal di Sumatera Barat adalah Pantai Carocok Painan di kabupaten Pesisir Selatan.

Pantai Carocok Painan merupakan pantai yang sangat terkenal di Pulau Sumatera, khususnya di Sumatera Barat, karena memiliki panorama yang sangat indah dan eksotis. Tak Heran jika Pantai Carocok menjadi objek wisata yang paling favorit dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ketika sampai di Pantai Carocok anda akan langsung menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan, mulai dari air laut yang jernih tanpa sampah, pepohonan yang sedang menari di tepi pantai, membuat suasana di pantai ini terasa sejuk dan nyaman.

Di pantai carocok juga terdapat sebuah jembatan yang membentang panjang di lautan, sehingga anda bisa menikmati keindahan bawah laut dari jembatan dengan jelas, karena air lautnya sangat jernih.

Anda juga bisa menikmati fasilitas yang ada di pantai ini dengan harga yang relatif murah, dan pasti anda puas berada di Pantai Carocok Painan. Namun akan lebih lengkap lagi jika anda melihat keindahan pantai ini ketika sore hari. Ada apa di sore hari? Di sore hari adalah ketika menjelang malam anda akan menikmati keindahan sunset yang sangat indah dan tidak akan anda temui di pantai lain.

Objek Wisata di Pantai Carocok Painan

Objek wisata di sekitar Pantai Carocok Painan sangatlah banyak. Di sebelah barat Pantai Carocok, sekitar 200 meter anda bisa mengunjungi sebuah pulau yang bersejarah, yaitu Pulau Cingkuak. Di Pulau Cingkuak anda akan menemukan banyak bekas reruntuhan Benteng Portugis. Menurut sejarah, Pulau Cingkuak adalah tempat pertama kali bangsa Portugis menginjakkan kaki di pesisir pulau Sumatera. Dan disamping reruntuhan benteng tersebut juga terdapat makam orang Portugis yang ditandai dengan sebuah prasasti.

Selain itu, di sekitar Pantai Carocok Painan juga terdapat pulau yang tersambung dengan ujung Bukit Langkisau, yaitu objek wisata Pulau Batu Kareta. Pada awal jalur menuju Pulau Batu Kareta hanya bisa dicapai jika air laut surut, namun dengan bertambahnya wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, pihak Pemkab Pesisir Selatan membangun sebuah jembatan, supaya bisa mempermudah menuju ke Pulau Batu Kareta.

Fasilitas di Pantai Carocok Painan

Bukan saja pemandangannya yang membuat para wisatawan senang untuk berkunjung ke pantai ini, namun juga karena fasilitas yang ada di pantai ini. Tenang saja, fasilitas bermain yang ada di pantai ini tidak terlalu mahal, namun tarifnya mungkin akan bisa berubah sewaktu-waktu. Fasilitas yang ada di Pantai Carocok seperti donat, banana boat, jet sky, snorkling, musholla, tempat parkir yang luas, pendopo dan lain-lain.

Bagi anda yang suka snorkling dan diving, pantai ini sangat lah cocok, karena di pantai ini anda akan melihat keindahan terumbu karang yang indah di dasar laut, dan anda juga tidak akan menemukan sampah di pantai ini.

Di Pantai Carocok Painan anda tidak perlu khawatir jika ingin mencari tempat makan, karena di sekitar pantai anda bisa menemukan banyak deretan warung yang menjual makanan wisata kuliner di Painan, yaitu Gulai Ikan Karang dan Pepes Ikan Marang.

Di kawasan Pantai Carocok, ada beberapa objek wisata lain yang bisa anda kunjungi, yaitu Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak. Anda bisa menuju kedua pulau tersebut dengan menyewa perahu tempel yang disediakan di sekitar pantai.

Tarif di Pantai Carocok Painan

Bagi anda yang ingin menggunakan fasilitas yang ada di Pantai Carocok Painan harganya lumayan murah, namun harga yang kami beritahukan ini mungkin akan bisa berubah.

Berikut tarif yang ada di pantai carocok painan:
Banana Boat tarifnya sekitar Rp 25 ribu perorang, Donat Tarifnya Rp 30 ribu, Jet Sky Rp 100 ribu. Bagi anda yang ingin meminjam peralatan snorkling, tarifnya sekitar Rp 50 ribu perorang.

Untuk menuju Pulau Batu Kareta dan Pulau Cingkuak anda bisa menggunakan perahu tempel yang disediakan di sekitar pantai. Tarifnya sekitar Rp 20 ribu (tarif bisa berubah sewaktu-waktu), tiket masuk Rp 5 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu), flying fox tarifnya sekitar Rp 150 ribu. Untuk masuk ke Pulau c
Cingkuak dikenakan tarif sekitar Rp 10 ribu.

Akses Lokasi Menuju Pantai Carocok Painan

Akses Lokasi menuju Pantai Carocok Painan juga sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa menggunakan angkutan umum. Dari kota Padang menuju Pantai Carocok akan menempuh jarak sekitar 75 km, dan dapat anda tempuh dalam waktu 2 jam perjalanan jika tidak macet.

Lokasi Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok terletak di kabupaten Pesisir Selatan, provinsi Sumatera barat, tepatnya di sebelah barat kota Painan. Dari Pasar Painan menuju Pantai Carocok hanya berjarak sekitar 2 km. (Rega Desfinal)