Pertama Kali Dikunjungi, Koto Rawang IV Jurai Dapat Perhatian Khusus Bupati Hendrajoni

96

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Tim 1 Safari Ramadhan (TSR) yang dipimpin langsung Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni mengunjungi Masjid Jannahtul Mawa, Nagari Koto Rawang, Kecamatan IV Jurai, Kamis (31/05/2018).

Walinagari Koto Rawang Derijol menyampaikan terima kasih atas kunjungan tersebut. “Baru kali ini kami kedatangan tim Safari Ramadhan Kabupaten,” ucapnya.

Dijelaskannya, kondisi wilayahnya saat ini sangat membutuhkan perhatian, utamanya jalan. “Wilayah luas, tapi kondisi jalan tidak layak. Sementara di tempat lain sudah di aspal,” jelasnya.

“Untuk itu, kami butuh perhatian dari Pemkab. Mudah-mudahan nagari kami bisa lebih maju lagi,” harapnya. “Masyarakat mau berikan lahan untuk jalan,” tegasnya.

Bupati Hendrajoni dalam sambutannya mengatakan kepada masyarakat akan mengupayakan pembanguan infrastruktur, terutama jembatan yang akan diganti dengan rangka baja.

Hadir dalam safari tesebut Kepala PU, Kepala Bappeda, Kepala Kesehatan, Kemenag dan Camat dan seluruh walinagari.

Selanjutnya Bupati menyampaikan supaya
walinagari tidak main-main dengan anggaran. “Nanti bisa meleset,” ujarnya.

“Potensi nagari perlu dikembangkan. PKK sudah bikin cafe kopi Pessel di Carocok. Nanti Pemkab akan promosikan,” harap Hemdrajoni lagi.

“Saya akan sering datang ke sini. Kalau jalan, warga harus bebaskan lahan. Kami akan bikin jalan aspal. Kita akan buat jembatan yang bagus. Rangka baja,” jawab Hendrajoni atas harapan walinagari tadi.

“Kami minta lahan 10 meter. 2019 nanti akan kita bangun. Di samping itu, kalau aspal tidak bisa masuk. Makanya harus ada jembatan dulu,” tambahnya.

“Sebab, pengadaan lahan di sini sangat susah. Jadi untuk tahun ini akan di aspal dan dilebarkan hingga 4 kilometer. Itu anggarannya bisa Rp4 miliar,” alasnya.

Ditambahkannya, tidak ada yang tidak bisa dilakukan, asal dengan kebersamaan. “Kita juga alan bangun peningkatan jaringan irigasi banda rawang. Jamban SD 33 koto rawang,” ujarnya.

Bupati minta pada pak camat untuk mendata warga. Karena kita dapat bantuan 750 jamban. Nanti akan kita bangunkan. Pembangunan labor IPA SMP Salido Kecil.

Kemudian akan ada bedah rumah di Koto Rawang. “Kita tahun ini juga dapat 1.000 rehab rumah tidak layak huni. Nanti diarahkan ke sini,” jelasnya.

Bupati juga menyerahkan bantuan masjid ini Rp7,5 juta. “Uangnya ambil di BPKD. Saya tambah Rp25 juta lagi. Nanti ambil di perubahan anggaran atau bulan November,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Lisda hendrajoni juga memberikan uang tunai untuk anak yatim Rp2,5 juta dan mukenah 5 buah. BPD Rp1 juta dan BRI Rp1 juta. (Rega Desfinal)