Pertama Kali, Nagari Padang Laweh Gelar MTQ Tingkat Nagari

150

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Untuk pertama kalinya Nagari Padang Laweh Selatan menggelar MTQ tingkat Nagari. MTQ itu dilaksanakan di Masjid Dhairul Khairat, Jorong Pasar Gambok, Nagari Padang Laweh Selatan, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, mulai Sabtu hingga Senin (2 – 4/ 6/2018).

Acara yang dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Walbardi ini dihadiri oleh Camat, Wali Nagari Padang Laweh Selatan, Syahrial, Kepala Jorong, tokoh masyarakat serta diikuti 215 peserta yang berasal dari 35 TPSQ yang berada di sekitar Nagari Padang Laweh Selatan.

Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an yang dibacakan oleh Epi Evalina ini kemudian dilanjutkan dengan laporan Panitia pelaksana disampaikan oleh Dahrul Hidayat. “MTQ tingkat Nagari ini adalah yang pertama dilaksanakan setelah diresmikannya dari Nagari Persiapan menjadi Nagari Padang Laweh Selatan,” ucap Dahrul.

“Sementara jumlah peserta sampai saat ini berjumlah 215 peserta dari 27 TPSQ, sedangkan TPSQ yang berada di Nagari Padang Laweh Selatan ini berjumlah 35 TPSQ. Lomba yang dilaksanakan yaitu Tilawahtil Qur’an, Lomba Tartil, Azand, MSQ dan Hafis mulai dari anak anak, remaja dan dewasa,” tambahnya

Wali Nagari Padang Laweh Selatan, Syahrial pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa melalui MTQ ini diharapkan peserta lomba bisa saling menampilkan keterampilan dan kepandaiannya, “Tampilkanlah kepandaiannya agar menjadi yang terbaik, bagi peserta terbaik nantinya bisa kita persiapkan untuk lomba MTQ ditingkat Kecamatan maupun ditingkat Kabupaten nantinya,” ucapnya.

“Sedangkan kepada panitia diharapkan bekerja dengan benar agar terlaksananya MTQ tingkat nagari ini dengan sukses, untuk dewan juri nantinya, kami berharap dapat memberikan penilaian yang sportif dan adil sesuai kemampuan, agar dihasilkan kafilah yang betul betul bisa dan membanggakan Nagari Padang Laweh Selatan ini kedepannya,” harap Syahrial.

Pada saat membuka MTQ tingkat Nagari Padang Laweh Selatan ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Walbardi menyampaikan ucapan selamat kepada panitia pelaksana. “Selamat kepada panitia yang telah bekerja keras untuk terlaksananya MTQ ini, semoga kegiatan ini sukses sampai selesai nanti,” ucapnya.

“Kepada peserta diharapkan jangan sampai terburu buru dalam lomba, jangan terfokus dengan waktu yang pendek, seandainya harus bertambah harinya karena banyak peserta, panitia pasti akan menambah waktunya untuk suksesnya MTQ ini, serta berlombahlah dengan cara sprortif, jangan jadikan kegiatan lomba ini sebagai ajang mencari siapa yang paling hebat, jadikanlah kegiatan ini untuk mencari bibit dan sebagai ajang silaturahmi diantara peserta”, harapnya.

“Bagi peserta yang menjadi juara nantinya, jadikanlah ini sebagai motivasi untuk melangkah ke tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten, sementara bagi yang belum juara nantinya, jangan sampai patah semangat dan bersedih, jadikanlah kekalahan itu sebagai keberhasilan yang tertunda, teruslah belajar agar pada MTQ berikutnya bisa menjadi juara,” tambahnya. Andri Kampai.