Rokhmin Dahuri Jadi Pembicara Manajamen Budidaya Perairan di China

94

JURNAL SUMBAR | China – Kamis (31/5), Prof. Rokhmin Dahuri, ilmuan Indonesia telah sukses menyampaikan pokok-pokok pikirannya di konferensi internasional Global Aquaculture Summit di Fuzhou, China.

Rokhimin Dahuri, ilmuwan nasional yang urang sumando Rang Minang itu tampil sebagai pembicara kunci dalam forum konferensi membawakan jurnal ilmiahnya dengan tema “The Status of Indonesia’s Aquaculture and Foreign Cooperation Policy” , yang dihadiri oleh sekitar 500 peserta dari berbagai belahan dunia.

Konferensi internasional yang diselenggarakan oleh CAPPMA (China Aquatic Product Processing and Marketing Alliance) and Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries, People Republic of China di Hotel Jeurong, Fuzhou, Provinsi Fujian, China, salah satunya menghadirkan Rokhimin Damanhuri, guru besar Institut Pertanian Bogor.

Adapun kehadiran Rokhimin Dahuri dikonferensi itu merupakan satu-satunya pembicara mewakili Indonesia. “Puji syukur kepada Tuhan sebagai keynote speaker bisa saya lakukan dengan baik dan maksimal saya lakukkan,” ujar suami Dr Ir Pigoselpi Anas ini.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan di Era Presiden Megawati Soekarnoputri ini merasa bangga bisa menjadi pemateri dalam konferensi itu, karena kehadirannya disana untuk promosi Indonesia dimata dunia dalam budi daya perairan (akuakultur)

Seperti diketahui Rokhmin Dahuri, saat ini ilmuwan dunia yang paling expert di bidang manajemen pesisir dan kelautan, diantaranya tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya serta menyangkut kelestarian lingkungan.(Agusmardi)