Selain Indah, Pantai Labuang Baruak Punya Banyak Cerita Legenda

393

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kabupaten Pesisir Selatan punya banyak destinasi wisata baru yang hadir untuk menjamu wisatawan serta pemudik untuk pulang kampung. Salah satunya adalah objek wisata pantai di Kampung Labuang Baruak, Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie, Kecamatan Batangkapas.

Objek wisata ini baru mulai berkembang, dan dikelola masyarakat untuk bisa menjadi objek wisata yang elok saat dikunjungi pengujung saat ini

Pantai Labuang Baruak berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat Kecamatan Batang Kapas. Untuk memasuki objek wisata Labuang Baruak, ada dua alternatif transportasi, diantaranya bisa menggunakan jalur darat dan bisa jalur laut.

Jika menggunakan boat atau perahu, bisa saja masuk dari pantai Taluak Kasai atau Sungai Bungin dengan lama perjalanan 15-20 menit, dan jika melalui darat akan memakan waktu cukup lama karena akses jalan yang masih kurang memadai.

“Melalui darat bisa, tapi akses jalannya belum memadai. Jadi lebih cepat melalui laut,” sebut salah satu pengunjung

Jika mengunakan boat atau perahu ke pantai Labuang Baruak hanya butuh biaya Rp10.000 orang. Namun sebaliknya, jika melalui darat juga bisa tapi memakan waktu sekitar 30-45 menit

Objek wisata ini belum begitu populer. Namun Pantai Labuang Baruak sebagai destinasi wisata, memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pasirnya yang putih sampai ekosistem laut yang terjaga, sehingga bisa membuat pengunjung betah lama-lama berada di tempat ini.

“Sekarang sudah ada tempat duduk pengunjung sebanyak 12 pondok keluarga. Selain kedai-kedai kecil juga ada tempat belanja pengunjung. Kalau datang ke Labuang Baruak serasa di Bali,” terangnya.

Camat Batang Kapas Wendra Rovikto menyampaikan, Pantai Labuang Baruak merupakan destinasi wisata baru yang ada di kecamatan Batang Kapas. Di mana sudah di sosialisakan baru-baru ini dengan tokoh masyarakat, unsur Pemerintah Nagari yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Pesisir Selatan, Mawardi Roska, bahwa pengelola Pantai Labuang Baruak adalah Yayasan Bahana Pesona Natural.

Lanjutnya, Pantai Labuang Baruak selain memiliki spot yang indah, juga memiliki cerita legenda masyarakat seperti Batu Baruak dan Batu Nago atau Bati Naga. Konon, Batu-batu sudah dianggap sebagai legenda tentang asal usul daerah setempat.(Rega Desfinal)