Tingkatkan Pasokan Air PDAM Bukittinggi, Balai Sungai Bangun Embung Rp9,3 miliar

102

JURNAL SUMBAR | Bukittinggi – Untuk meningkatkan pelayan kepada pelanggan air PDAM di Bukittinggi dan meningkatkan jumlah pelanggannya, Pemerintah Kota Bukitinggi bangun sebuah embung seluas 1,5 hektar di Tabek Gadang kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh (ABTB).

Pembangunan embung itu memanfaatkan dana pusat dari Kementrian PUPR melalui Dirjen Sumber Daya Air dengan nama paketnya Pembangunan Intake dan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Batang Tambuo Tabek Gadang.

Menurut Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, SH didampingi Wawako Irwandi Dt. Batujuah, SH disetiap sambutannya pada berbagai pertemuan dengan warga Bukittinggi, termasuk dalam pidatonya dihadapan jemaah shalat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, 15 juni 2018 lalu di lapanan kantin Bukittinggi, embung itu dibangun untuk menampung air sungai Batang Tambuo, lalu dialirkan ke dalam intake untuk diolah dan disalurkan kepada pelanggan PDAM.

Proyek yang menelan dana sesuai dengan kontrak Rp 9.367.980.000,- akan selesai dalam tempo 240 hari yang dikerjakan oleh PT. Era Bangun Sarana Jo PT. Jaya Ratu Vhacehinndy, mulai 4 Mei 2018.

Dengan adanya proyek embung ini, akan dapat mengatasi keluhan pelanggan PDAM ke depannya, baik dari segi debit air yang mengalir, maupun jumlah pelanggan akan dapat ditingkatkan, tambahnya. (Yus)