96 Peserta, Disdik Sijunjung Sosialisasikan Visitasi Asesor Akreditasi Sekolah

67

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – 96 peserta dari berbagai Sekolah Dasar (SD), Madrasyah Ibtidayah Negeri/Swasta (MIN/S) dan satu SMA serta dua sekolah dari Kota Sawahlunto, Senin (23/7/2018) di Aula Dinas Pendidikan Sijunjung mengikuti kegiatan Sosialisasi Persiapan Visirasi Asesor Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Kegiatan sosialisi itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan Sijunjung, Ramler, SH, MM diwakili Kabid Pengembangang PAUD dan PMNF Syamsul, Bahri, SPd., MM.

Dari 96 sosialisasi itu, diantaranya MIS dua sekolah, SMA 13 Sijunjung dan sisanya SD dan MIN serta dua berasal dari Kota Sawahlunto (SDIT Cahaya Pelangi dan SDIT Alam Talago). Kegiatan tersebut langsung dihadiri Badan Akreditasi Nasional Propinsi Sumbar.

Kepala Dinas Pendidikan Sijunjung, Ramler, SH, MM diwakili Kabid Pengembangan PAUD dan PMNF, Syamsul Bahri, menyebutkan, maksud dan tujuan dari kegiatan ini agar Asesor Sekolah/Madrasah mampu menjelaskan tentang kebijakan, mekanisme akreditasi, dan penggunaan perangkat akreditasi SD/MI, praktik akreditasi SD/MI melalui kunjungan lapangan dan pengolahan hasil penilaian serta membekali asesor tentang pelaksanaan visitasi sebagai bagian integral dari akreditasi sekolah/madrasah.

“Penilaian sekolah oleh masyarakat dan pemerintah. Apa sekolah itu layak atau tidaknya, menciptan generasi kedepan. Penilaian akreditasi apa nilai A, apa B atau C. Yang penting berupaya bernilai akreditasi bernilai A dan ini yang dibutuhkan sekolah berkualitas,” ucap Syamsul Bahri berharap sekolah yang telah berakreditasi bertarap nasional dengan nilai A.

Pemateri dari BAN (Badan Akreditasi Nasional) Sekolah/Madrasah Propinsi Sumbar, Drs. Ermon dan Joko Purnomo, S.Pd, M.Kom. Secara gemblang mereka menyampaikan materi. Saptarius