Berprestasi, Nagari Sungai Gayo Lumpo Layak Diperhitungkan di Tingkat Provinsi

424

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Drs. H. Syafrizal sebagai ketua Tim Penilai Lomba Nagari/Desa Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018 diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan di Nagari Sungai Gayo Lumpo, Kecamatan IV Jurai.

Dalam sambutan mantan wakil Bupati Pesisir Selatan ini menyampaikan, Nagari Sungai Gayo Lumpo telah memasuki tahap kedua dalam perlombaan ini, dimana sebelumnya telah dilaksanakan penilaian administrasi yang telah dikirimkan ke Provinsi. Ternyata Nagari Sungai Gayo Lumpo lolos ke tahap selanjutnya. Untuk itu mohon kepada perangkat nagari dan stake holder memberikan masukan kepada tim penilai, sehingga mendapatkan nilai yang banyak.

Selanjutnya Ucok begitu Syafrizal dipanggil menambahkan, apabila Nagari Sungai Gayo Lumpo masuk tiga nominasi maka lolos ke tahap tiga dan akan dilaksanakan ekspose di tingkat Provinsi yang dihadiri pula tim dari Kementerian Dalam Negeri. “Kalau dilihat secara kasat mata, pantas diperhitungkan untuk tingkat Provinsi. Semoga Nagari Sungai Gayo Lumpo tahun 2018 menjadi juara,” ujar Ucok.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Ir. H. Erizon. MP mengatakan bahwa Nagari Sungai Gayo Lumpo metupakan nagari hasil pemekaran, dan Nagari ini sangat pesat pembangunannya, disamping pembangunan fisik seperti pembangunan jalan dan irigasi tersier, juga non fisik terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Di nagari Sungai Gayo Lumpo juga disebut Nagari Sentra Batik, karena nagari ini juga memproduksi batik “Tanah Liek” yang sangat terkenal. Dalam pelaksanaan pembangunan selalu mengajak tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Mantan kepala Biro Pembangunan Setdaprov. Sumbar ini juga berharap kepada tim untuk menggali dan meminta tentang keunggulan yang ada di Nagari ini, demikian beliau menutup sanbutannya.

Tim Penilai dari Pamong Senior, instansi terkait dan stake holder pembina pemerintahan dan pembangunan di Nagari. (Akral)