Dijadikan Agen46, BNI Dorong BUMNag Sumbar Jadi Percontohan Nasional

116

JURNAL SUMBAR | Bukittinggi – Pada Bimtek BUMNag model menuju BUMDes percontohan Nasional di Bukittinggi, 16 – 18 Juli 2018, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Sumbar, Riau, Kepri dan Kerinci jalin kerja sama dengan BUMNag yang ada di Sumatera Barat dengan menjadikan BUMNag menjadi Agen46.

Agen46 tersebut merupakan agen BNI untuk Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Wakil Pinwil wilayah BNI Sumbar, Riau, Kepri dan Kerinci Firmansyah menjelaskan, saat ini perseroan memiliki sekitar 1000 Agen46. “Mereka tersebar di seluruh wilayah Sumbar,” ujarnya.

Firmansyah menjelaskan, strategi penambahan jumlah Agen46 bukan tanpa alasan dan manfaat. Dengan Laku Pandai, BNI bisa membuka layanan perbankan tanpa membuka outlet dan membantu masyarakat agar tersentuh layanan perbankan. menggandeng Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

Untuk merekrut BUMNag menjadi Agen46, BNI akan melatih dari sisi kesiapan SDM. Juga menyediakan bantuan infrastrukturnya seperti mesin ADC, komputer dan jaringan komunikasinya.

Selama potensi pasarnya bagus, kata dia, Agen46 dari BUMNag dibantu dari sisi penyediaan jaringan menjalin linkage dengan perusahaan operator seluler jika akses internet menjadi problem.

“Adanya agen Laku Pandai seperti Agen46 merupakan jawaban yang tepat agar warga di Nagari bisa mengakses layanan keuangan perbankan dengan baik,” ujarnya. “Serta bagi BUMNag dan BUMDes di Sumatera Barat bisa berkembang dan maju sehingga cita-cita untuk menjadikan BUMNag dan BUMDes percontohan Nasional bisa terwujud,” pungkasnya. Edi Suandi