Gudep 19 dan 20 SDN 04 Payakumbuh Wakili Sumbar ke Festival Penggalang Ceria Tingkat Nasional

68

JURNAL SUMBAR | Payakumbuh – Gudep 19 dan 20 yang berpangkalan di SDN 04 Payakumbuh, mewakili Sumbar ke Festival Penggalang Ceria tingkat nasional.

Ada tiga gudep di Sumbar yang masuk nominasi memperebutkan tiket ke festival penggalang ceria tingkat nasional yakni Gudep di Pariman dan Gudep dari Bukittinggi serta Gudep 19 dan 20 yang berpangkalandi SDN 04 Payakumbuh.

Hasil Penilaian tim penilai dari Kwarnas dan Kemendikbud itu, menetapkan Gudep 19 dan 20 SDN 04 Payakumbuh yang unggul dan teraktif disumbar dan berhak mewakili sumbar untuk mengikuti lomba Gugus Depan (Gudep) unggul SD tahun 2018 yang akan di gelar 6 sampai 11 Agustus 2018 mendatang di hotel Haris Malang, Jawa Timur

Kepala SDN 04 Payakumbuh Armansyah, S.Pd selaku Kamabigus dan Wirahayu sebagai pembina Gudep Unggul 19 dan 20 itu menginformasikan, lomba Gudep unggul SD 2018 tingkat nasional yang dikemas dalam Festical Penggalang Ceria tingkat nasional itu nerupakan ajang menunjukkan kebolehan anggota gudep yang diasuhnya .

Menurut Armansyah, tujuan dari Festival Penggalang Ceria tingkat Nasional adalah untuk.meningkatkan kecerdasan spritual, karakyer ,emosional, Sosial, intelektual dan fisik (SKESOSIF) peserta didik, sesuai dengan tuntutan pendidikan ke pramukaan.

Dalam festival Penggalang Ceria ini ada beberapa kegiatan yang akan diikuti,mulai dari jegiatan pembiasaan praktik baik sepertiupcara oembukaan,permainanan persaudaraan,apel harian pasukan penggalang, refleksi harian pasukan penggalang, kegiatan ibadah harian dan olahraga.

Kegiatan festival seni budaya dalam bentuk pameran,eksebisi/peragaan seni budaya khas daerah tang ditampilkan secara berkompok dan wisata.

Sementara festival perlombaan keterampilan ke pramukaan ada 15 cabang lomba yang harus diikuti yaitu tatalaksana perkemahan, pionering project, hasta karya, tekhnologi informasi dan komunikasi, menggambar poster, sirkuit ketangkasan, yel penggalang ceria, baris berbaris menggunakan tongkat, kompas, sketsa panorama, kemampuan Undera Manusia (KIM), pertolongan pertama kecelakaan, sandi dan isyarat pramuka, ilmu penaksiran, serta menulis berita, rinci Armansyah.

Dikatakannya, untuk bisa tampil maksimal di ajang festival nanti, frekwensi latihan telah ditingkat, tiada hari tanpa berlatih, kami mohon doa dari anggota penggalang yang tergabung dalam Kwarcab Payakumbuh khususnya Sumbar pada umumnya, karena Gudep 19 dan 20 SDN 04 Payakumbuh berangkat atas nama Sumbar, insyaallah anak anak akan tampil maksimal, ujar Armansyah dengan optimis. (Yus).

( yus )