Hari Pertama, Belum Ada Partai Politik Daftarkan Bacalegnya ke KPUD Pessel

108

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan membuka pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2019 mendatang. Pendaftaran dibuka 4 Juli hingga 17 Juli mendatang.

Di kantor KPU Pesisir Selatan, hari pertama pendaftaran ini justru malah sepi, sejak dibuka pukul 08:00 WIB terpantau belum ada satupun tokoh ataupun Partai Politik yang datang untuk melakukan pendaftaran.

Ketua KPU Pesisir Selatan Epaldi Bahar saat dihubungi Jurnalsumbar.com menyampaikan bahwa sampai hari ini belum ada dari Partai Politik yang mendaftarkan Calon Legeslatifnya ke KPU Pesisir Selatan.

Terlihat ruangan pendaftaran Bacaleg tersebut terletak di sebuah ruangan di sebelah aula rapat KPU Pesisir Selatan. Di ruangan tersebut, KPU menyiagakan dua orang petugas dengan sebuah meja yang bertuliskan ‘Pendaftaran’., kedua petugas yang berjaga tampak tidak banyak melakukan kegiatan yang berarti sembari menunggu datangnya para bakal calon wakil rakyat tersebut.

Kondisi seperti itu kemudian diakui oleh Operator Silon KPU Pesisir Selatan, Muhamad Luthfi Munzir. “Sejak dibuka pukul 08:00 WIB tadi, belum ada satu parpol pun yang mendaftar,” katanya.

Menurut dia, sesuai pencalonan Bacaleg Pemilu 2019, masing-masing Parpol harus mengisi data dokumen persyaratan Bacaleg, dan sampai hari pertama pendaftaran Bacaleg, masing-masingnya masih dalam proses pengisian Silon.

“Dari 16 partai, sampai Rabu 4 Juli 2018 Kemaren, baru 15 partai yang sudah meminta username dan password untuk Silon, dan satunya lagi, PKPI yang belum meminta username dan password Silon,” jelasnya.

Diketahui, jadwal pendaftaran Bacaleg buka dari jam 08.00 WIB-16.00 WIB. Sedangkan pada 17 Juli 2018 buka daru jam 08.00 WIB sampai 24.00 WIB. (Rega Desfinal)