Jebolan Sekolah Pamong Masuk Tiga Besar Calon Sekda Dharmasraya

321

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Pengumuman panitia seleksi (Pansel) Pejabat Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya Jumat (27/7/18) lumayan mencengangkan. Dari tujuh peserta yang lolos seleksi administrasi dan kemudian mengikuti proses lanjutan, hanya tiga orang saja yang dinyatakan lolos.

Menariknya, tiga peserta yang dinyatakan lolos itu semuanya merupakan jebolan sekolah pamong praja. Mereka menyingkirkan rivalnya yang jebolan perguran tinggi umum.

Mereka yang dinyatakan lolos oleh Pansel adalah H. Adlisman, S.Sos., M.Si (Pj. Sekda), Drs. Andi Sumanto (Kepala Bappeda) dan Bobby Perdana Riza, S.STP., M.Si. ketiganya merupakan alumni sekolah pamong praja Kementerian Dalam Negeri yang sudah malang melintang dalam berbagai jabatan eselon IIB. Mereka ternyata mampu menyingkirkan empat peserta lainnya disaat seleksi kemampuan akademik.

Lolosnya ketiga pamong praja itu, sekaligus memupuskan spekulasi warga kebanyakan yang berkembang di kedai kedai kopi dan di belakang kantor OPD. Dalam spekulasi yang berkembang, nama M. Yusuf, SH sempat santer dinominasikan bakal lolos seleksi. Mantan Sekretaris DPRD itu sudah bukan rahasia umum sebagai sosok yang kuat. Nama Paryanto juga sempat diunggulkan sebagai calon kuat. Itu lantaran Paryanto merupakan sosok yang merepresentasikan warga Dharmasraya asal tanah  Jawa.

Nama tiga sosok yang sudah dinyatakan lolos seleksi jabatan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya itu oleh Pansel akan diserahkan kepada Bupati Sutan Riska. Bupati yang berasal dari PDI-P itu akan menetapkan satu di antara tiga nama yang direkomendasikan Pansel. Bupati akan mengambil keputusan setelah mendapat masukan dari berbagai pihak, antara lain dari pimpinan DPRD dan gubernur Sumbar.

Meski masih ada spekulasi mengenai siapa yang akan dipilih bupati Sutan Riska menjadi Sekda pengganti Ir. Benny Muhtar, namun paling tidak nama nama yang beredar tidak sebanyak sebelumnya. Akan tetapi kuat dugaan, Adlisman merupakan sosok yang akan dipilih oleh Bupati Sutan Riska. Namun kepastian ini akan terlihat pada saat acara pelantikan dalam waktu dekat ini. rilis