Kemendikbud dan Pemkab Sijunjung Gelar Bimtek dan Sosialisasi Pendidikan Keluarga

68

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Aparatur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga , di Gelanggang Olah Raga (GOR) Sibinuang Sakti Muaro Sijunjung, Sabtu (14/7/ 2018).

Kegiatan ini dibuka Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan dihadiri oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud RI, diwakili oleh Kasubdit Program dan Evaluasi, Warisno, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Ramler, SH, MM selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pembukaan Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga sekaligus Penutupan Bimtek yang telah dilaksanakan dari Rabu (11/7/2018).

“Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara Direktorat Pendidikan Keluarga Kemendikbud RI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung dalam upaya memberikan penguatan kapasitas kepala satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan,” ucap Ramler.

Dijelaskannya bahwa, acara kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga yang telah dilaksanakan ini, diikuti 50 orang peserta terdiri dari Pengawas, Kepala Sekolah SD, SMP serta Organisasi Mitra (Himpaudi, IGTK, PKMB, PKG)yang dilaksanakan dari Rabu hingga Sabtu, (11 -14/7/ 2018).

Kemudian, Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga hari ini diikuti 214 peserta terdiri dari semua pemegang kebijakan, Pengawas, Penilik, Organisasi Mitra dan Kepala Sekolah ditingkat Satuan Pendidikan mulai dari PAUD, SD dan SMP serta lembaga Pendidikan non Formal lainnya, tambah Ramler.

Bupati Yuswir Arifin dikesempatan itu menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada direktur pembinaan pendidikan keluarga beserta jajaran yang telah berkenan hadir memenuhi undangan di Sijunjung Nagari Lansek Manih ini.

“Seperti kita ketahui, Peningkatan SDM merupakan hal yang harus segera kita tuntaskan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP),” ucap bupati.

“Untuk itu diharapkan , melalui pelatihan kali ini, betul betul diikuti dengan baik sehingga semua materi yang akan disampaikan oleh Narasumber maupun fasilitator dapat kita serap secara utuh dan dapat di implementasikan di satuan sekolah kita masing masing, dengan harapan berdampak yang luar biasa untuk kemajuan Pendidikan di Kabupaten Sijunjung ini,” harap Bupati Yuswir.

“Dengan program pendidikan keluarga ini akan semakin terjalin kemitraan dan keselarasan program pendidikan di satuan pendidikan keluarga dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan yang kondusif untuk menumbuh kembangkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik, sekaligus berdampak terhadap citra, harkat dan martabat anak anak di Kabupaten Sijunjung, yang akan melahirkan anak anak sehat, cerdas, berkarakter dan berprestasi,’ tambahnya.

Di akhir sambutan, bupati langsung menutup Bimtek sekakigus membuka Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga tersebut. Andri Kampai.