Komit Atasi Persoalan Sanitasi, Pessel Dapat Bantuan 2 Unit IPAL Senilai Rp1 Miliar

65

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkomitmen mengatasi persoalan sanitasi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni saat menghadiri acara Penyiapan Implementasi Infrastruktur Berbasis Masyarakat di Denpasar, Bali, Rabu (18/07/2018).

Dalam acara tersebut dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pemenuhan Target 100-0-100 antara Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Kementerian PUPR RI.

“Target 100-0-100 merupakan target yang ditetapkan Pusat kepada daerah, yakni 100 % akses air bersih, 0 % rumah kumuh dan 100% akses limbah rumah tangga (penyiapan wc),” kata Bupati.

Lebih lanjut Kepala Bappedalitbang, Yozki Wandri menjelaskan bahwa Pesisir Selatan siap mendukung target yang telah ditetapkan Pusat.

“Persoalan sanitasi ini termasuk salah satu prioritas saat ini,karena hal ini telah tertuang didalam RPJM Kabupaten Pesisir Selatan 2016-2021,” kata Yozki.

Senada dengan itu Bupati juga mengatakan Pesisir Selatan menjadi salah satu Kabupaten dari 72 Kabupaten/Kota  yang mendapat bantuan dari APBN dari kegiatan ini.

“Kita akan mendapatkan bantuan IPAL sebanyak 2 unit dengan nilai sebesar Rp 1 nilyar,” kata Hendrajoni.

IPAL adalah Instalasi Pengolahan Air Limbah dimana sekitar 50 rumah tangga mendapatkan fasilitas sanitasi yang memadai.

“Pembangunannya dilaksanakan secara swadaya dan dikelola oleh Satker Provinsi,” tutup Yozki. (Rega Desfinal)