Konferensi Infernasional, FE UNP Respon Kemajuan Bisnis dan Ekonomi Era Digital

57

JURNAL SUMBAR | Padang – Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) mengadakan Seminar Internasional bertajuk “Padang International Conference on Economic, Education, Business and Accounting (PICEEBA)” yang pertama, pada 2-3 Juli 2018 di Auditorium Prof Kamaluddin FE UNP.

Sebagai pembicara utama pada The 1st PICEEBA 2018, dilaporkan Ketua Panitia, Dr Marwan, pihaknya telah menghadirkan empat orang world class speaker dari berbagai Universitas terkemuka dunia yakni, Dr. Shabbir Datsqir (Senior Lecturer in Economics. University Huddersfield, UK), Dr. Ahmed Ferdous (Senior Lecturer In Marketing, Faculty of Business and Law, Deakin University, Australia) dan Prof. Nor Aishah Buang (Professor in Education Policy & Leadership, University Kebangsaan Malaysia) dan pembicara dari UNP sendiri adalah Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd (Senior Lecturer In Education,FE UNP)

Dr. Marwan menyebutkan dari 200 artikel ilmiah dari peneliti yang berasal berbagai perguruan tinggi Indonesia dan Malaysia, namun setelah melewati proses review, hanya sebanyak 120 artikel ilmiah yang lolos dan dinilai layak untuk di presentasikan dan dipublikasikan bagi artikel terbaik akan dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi, International Journal of Business and Management, yang terindex Scopus.

Saat pembukaan The 1st PICEEBA 2018, Rektor UNP, Prof Ganefri, Phd dalam sambutanya mengatakan The 1st PICEEBA 2018 merupakan konferensi internasional ke-4 UNP sepanjang tahun 2018 ini, Konferensi Internasional pertama digelar tahun ini adalah dari FIP(ICESST), FIK(ICoSHR) dan FIP (ICCFBT) hal ini menunjukkan bahwa para akademisi UNP selalu berkesempatan bertukar pikiran tentang bagaimana membangun kreativitas dan inovasi untuk menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi pengembangan pendidikan ekonomi, bisnis dan akuntansi, sehingga FE UNP mampu memanfaatkan segala peluang dan menghadapi tantangan untuk mewujudkan UNP sebagai salah satu universitas unggul di Asia Tenggara.

Oleh karena itu, dengan diadakannya Seminar Internasional PICEEBA, dapat menjadi upaya aktif para dosen dan mahasiswa FE UNP untuk mendukung universitas dalam mewujudkan visi dan misi UNP.

“Sedangkan bagi peserta konferensi ini paling tidak langkah-langkah memajukan Bisnis dan Ekonomi di Era Digital dapat dipikirkan bersama.,” ujar Rektor UNP.

Ditambahkannya, PICEEBA ini juga ajang untuk saling berbagi hasil penelitian dan mengetahui perkembangan terbaru di dunia ilmu pengetahuan. Disisi lain acara ini juga bermanfaat untuk memperluas pergaulan akademik diantara para peneliti dan dosen, sehingga dapat membuka jaringan yang lebih luas untuk kegiatan penelitian atau studi lanjut nantinya. (Humas UNP/Agusmardi)