Lepas Jamaah Haji, Rektor Ganefri Ajak Civitas Akademika UNP Berzakat

140

JURNAL SUMBAR | Padang – Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof Ganefri, PhD melepas jamaah haji Indonesia asal Sumatera Barat dari keluarga kesar civitas akademika UNP di Aula FMIPA UNP, pada Senin (9/7). Ganefri didampingi Wakil Rektor 1, 2 dan 4 dan sejumlah pimpinan fakultas se lingkungan UNP.

Pada kesempatan itu, Ganefri menghimbau keluarga besar civitas akademika UNP untuk membayar zakat mal atau zakat harta 2,5 persen. Namun sebagai Rektor UNP, Ganefri mengajak menyalurkan zakat melalui UNP hanya 1 parsen.

“Semangat untuk berbagi kepada umat harus terus diupayakan. Untuk itu, kepada pimpinan fakultas potong penghasilan dosen dan tendik dari pendapatan yang diterima cukup 1 parsen atas nama UNP, yang 1,5 parsen biarkan kewenangan personnya untuk berbagi,” kata Ganefri mengimbau civitas akademika UNP untuk membayar zakat.

Mendengar penjelasan Ganefri, semua yang hadir di Aula FMIPA UNP dalam rangka melepas jemaah haji warga UNP, yang berjumlah 14 pasang itu menyambut baik himbau Rektor UNP, dan mendapat dukungan penuh para ketua jurusan di lingkungan UNP dan para kepala biro. Hanya, pengelolaan secara teknis zakat itu UNP tetap mempercayakan kepada organisai pengelola zakat yang resmi yakni ke Baznas Provinsi Sumbar.

Menanggapi keberangkatan haji 14 orang pegawai selingkungan UNP, Ganefri mengatakan sebelum menjalankan cuti besar mewajibkan kepada pegawai negeri sipil dilingkungan UNP untuk menyerahkan pekerjaan kepada atasan langsung atau pejabat yang ditetapkan dan setelah selesai menunaikan ibadah haji tahun 2018/1439 H, wajib melaporkan diri kepada atasannya dan bekerja sebagaimana mestinya.

Rektor UNP berpesan kepada para calon haji asal kampus tersebut untuk bisa menunaikan haji dengan baik serta menjadi tauladan bagi para calon jemaah haji lainnya selama di Tanah Suci.

Suasana pelepasan diwarnai suasana khidmat saat digelar doa bersama, sekaligus haru karena mereka berkesempatan untuk menjadi tamu Allah SWT pada musim haji tahun ini. Para calon haji dari kampus eks IKIP ini akan bergabung dengan calon jemaan haji asal Provinsi Sumbar lainnya yang akan berangkat tahun ini.

Didampingi para wakil rektor dan dekan serta para kepala biro, Rektor UNP, Prof Ganefri mengucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji, diantaranya Dr Hasrul, M.Si (Hasrul Pilian-red), Dr, Ahamd Kosasi dan Drs. Bahrul Amin, M.Pd. (Humas UNP/Agusmardi)