Melalui PICEEBA, FE UNP Jalin Kerjasama Internasional dengan UiTM Malaysia

164

JURNAL SUMBAR | Padang – Ada yang istimewa di Padang International Conference on Education , Economics, Business and Accounting (PICEEBA) tahun 2018, yang berlangsung, Senin (2/7) lalu. Terutama bagi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang sebagai fakultas penyelenggara. Meski pertemuan ilmiah, namun dalam rangka mewujudkan world class university, Universitas Negeri Padang terus mengembangkan peluang-peluang kerjasama internasional.

“Melalui momen 1st Padang International Conference on Education , Economics, Business and Accounting (PICEEBA) tahun 2018, FE UNP mulai melakukan pengembangan kerjasama dengan Universiti Teknologi Mara Malaysia (UiTM),” ujar Wakil Dekan III FE UNP, Dr Yulhendri, Rabu (4/7).

Dikatakannya, pada kesempatan 1st PICEEBA ini, tim UiTM datang berpartisipasi sebagai presenter dan juga peserta seminar. Dalam gelaran acara PICEEBA ini delegasi dosen-dosen UiTM juga memberikan Guest Lecture kepada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. Guest lecture ini dilakukan dengan tema “Introduction to Superwrite”.

” Guest Lecture ini bertujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNP tentang menulis cepat atau dikenal dengan superwrite terutama dalam bahasa Inggris. Kemampuan ini akan menambah skill mereka sebagai calon guru administrasi perkantoran ataupun sebagai calon sekretaris yang profesional,” terangnya.

Secara terpisah Tri Kurniawati, Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi mengatakan, kemampuan menulis cepat atau superwrite merupakan salah satu kemampuan unggulan pada keahlian Administrasi Perkantoran di Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNP.

Selain guest lecture dengan mahasiswa, delegasi UiTM juga melakukan academic symposium bersama civitas akademika Fakultas Ekonomi UNP.

Dalam momen academic symposium ini dilakukan perkenalan profil masing-masing universitas. Selanjutnya juga dilakukan pembicaraan tentang MoU kerjasama antara kedua institusi baik di bidang akademik, riset dan juga kebudayaan.

Sementara itu Dekan FE UNP, Dr. Idris menyatakan bahwa kerjasama ini strategis untuk dapat terus dikembangkan dalam rangka menambah mitra internasional FE UNP terutama di lingkungan negara-negara Asean.

Di sesi akhir rangkaian kegiatan delegasi UiTM juga melakukan temu ramah dan diskusi bersama Wakil Rektor I UNP, Prof Yunia Wardi. Temu ramah ini juga diikuti oleh bagian humas UNP dan Pengelola International Office UNP. Dalam temu ramah ini banyak dibicarakan tentang berbagai bentuk kegiatan kerjasama yang strategis untuk dilaksanakan oleh UNP dan UiTM kedepannya. (Humas UNP/Agusmardi)