Menuju Percontohan Nasional, BUMNag Se Sumbar Ikuti Bimtek di Bukittinggi

150

JURNAL SUMBAR | Bukittinggi – Senin, 16-18 Juli 2018 di Hotel Pusako Bukittinggi digelar Bimtek BUMNag model menuju BUMDes Percontohan Nasional yang sudah menerima bantuan anggaran 2018 dari Kementerian Desa PDTT.

BUMDes/BUMNag diproyeksikan sebagai kekuatan ekonomi baru di wilayah Nagari dan Desa. Dalam UU No 6 tahun 2014 tentang Desa memberikan payung hukum atas BUMDes sebagai pelaku ekonomi yang mengelola potensi Nagari-nagari di Sumatera Barat secara kolektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nagari.

Istilah BUMDes muncul melalui Peraturan Pemerintah (PP) No 72/2005 dan dirincikan melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 39/2010. BUMDes merupakan wadah usaha desa yang memiliki semangat kemandirian, kebersamaan, dan kegotong-royongan antara pemerintah desa dan masyarakat untuk mengembangkan aset-aset lokal untuk memberikan pelayanan dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan Desa.

Menurut Staf Khusus Kementrian Desa PDTT H. Febby Dt. Bangso, di Sumatera Barat terdapat lebih kurang 1.000 BUMNag dan BUMDes akan disiapkan sebagai BUMNag dan BUMDes percontohan Nasional.

Untuk mempersiapkan BUMNag dan BUMDes percontohan Nasional, Kementrian Desa PDTT telah berkerjasama dengan Universitas Negeri Padang dalam pembinaan manajemen dan keuangan. Edi Suandi