MTQ Sijunjung Ditutup, Kafilah Koto VII Tak Terkalahkan, Kupitan Juru Kunci

360

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kafilah Koto VII yang dipimpin Camat Veri Satria tak terkalahkan. Koto VII kembali raih juara umum pada lomba Musabagoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 tingkat Kabupaten Sijunjung pada tahun 2018. Sedangkan utusan Kecamatan Kupitan yang akan menjadi tuan rumah pada MTQ ke-40 hanya bercokol sebagai juru kunci di lomba MTQ yang berlangsung di Kecamatan Sumpur Kudus itu.

Kapolsek Sumpur Kudus Iptu Polisi Mulyadi, SH kepada awak media, Kamis (12/7/2018) melaporkan, bahwa MTQ Nasional tingkat Kabupaten Sijunjung itu telah ditutup secara resmi oleh Wabup Sijunjung, Arrival Boy, SH.

Penutupan MTQ ke-39 tingkat Kabupaten Sijunjung yang bertempat di Masjid Rajo Ibadat, Nagari Sumpur Kudus, Kecamatan Sumpur Kudus tersebut berjalan sukses dan lancar.

Dalam penutupan MTQ ke 39 tingkat Kabupaten Sijunjung tersebut dihadiri Wabup Sijunjung, Arrival Boy, sekaligus menutup MTQ. Selain itu juga dihadiri Kapolres Sijunjung yang diwakili oleh Kapolsek Sumpur Kudus, Iptu apolisi Mulyadi, SH, unsur Forkopimda Kabupaten Sijunjung, Kepala OPD Kabupaten Sijunjung, Camat se Kabupaten Sijunjung dan unsur Forkopincam Kecamatan Sumpur Kudus, Bundo Kanduang se Kecamatan Sumpur Kudus, Ketua Lembaga Nagari Sealiran Batang Sumpu (Sumpur Kudus, Silantai, Unggan, Manganti dan Sumpur Kudus Selatan).

Tak hanya itu, Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung, Kafilah Perwakilan per Kecamatan se Kabupaten Sijunjung dan ratusan masyarakat Sealiran Batang Sumpur Kudus juga hadir diacara penutupan itu.

Adapun rangkaian kegiatan penutupan MTQ ke 39 tingkat Kabupaten Sijunjung tersebut, yakni diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran. Sepatah kata dari camat Sumpur Kudus yang intinya mengucapkan terima kasih banyak telah ditunjuknya sebagai tuan rumah yang bertempat di 5 nagari aliran Batang Sumpur sehingga pelaksanaan MTQ ke 39 tingkat Kabupaten Sijunjung berjalan dengan sukses.

Sedangkan Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, menyebutkan, dengan adanya pelaksanaan MTQ ke 39 tingkat Kabupaten Sijunjung dapat menambah bibit bibit untuk di ikut sertakan ke MTQ tingkat Propinsi.

Untuk diketahui, pelaksanaan MTQ ke-40 tahun depan akan dilaksanakan di Kecamatan Kupitan. MTQ di Sumpur Kudus itu tetap menjadikan Kecamatan Koto VII sebagai juara umum.

Berikut hasil lomba MTQ tingkat Kabupaten Sijunjung tersebut, sebut saja di Cabang Tilawah, Golongan anak anak, juara 1 dari Kamang Baru, juara 2 dari Koto VII dan juara 3 dari Kecamatan Sijunjung. Sedabgkan golobgan anak-anak putri, juara 1 dari Sijunjung juara, 2 dari Kamang Baru dan juara 3 dari IV Nagari.

Untuk golongan anak-anak laki laki juara 1 dari Tanjung Gadang, juara 2 dari Kamang Baru dan juara 3 dari Sijunjung. Sedangkan kategori remaja putra, juara 1 dari Sijunjung, juara 2 dari Koto VII dan juara 3 dari IV Nagari. Untuk golongan remaja putri, juara 1 dari Tanjung Gadang, juara 2 IV Nagari dan juara 3 dari Koto VII. Sedangkan kategori dewasa putra, juara 1 dari Kamang Baru, juara 2 dari Kamang Baru dan juara 3 dari IV Nagari. Sedangkan golongan dewasa putri, juara 1 dari Koto VII, juara 2 dari Sijunjung dan juara 3 dari Tanjung Gadang.

Sementara lomba Syabaah, tingkat putra, juara 1 dari Koto VII, juara 2 dari Sijunjung dan juara 3 dari Kamang Baru. Dibagian putri, juara 1 dari Koto VII, juara 2 dari Lubuktarok, dan juara 3 dari Kamang Baru.

Pada lomba Izil Quran putra, juara 1 dari Koto VII, juara 2 dari Lubuktarok dan juara 3 dari Sumpur Kudus. Dibagian putri, juara 1 dari Kamang Baru, juara 2 dari Tanjung Gadang dan juara 3 dari Koto VII.

Sedangkan lomba satu jus tilawah putra, juara 1 dari Sumpur Kudus, juara 2 dari Kupitan, juara 3 dari Kamang Baru. Dibagian putri, juara 1 dari Tanjung Gadang, juara 2 dari Kupitan, juara 3 dari Sijunjung.

Dalam lomba Tartil Quran, kategori dasar putra, juara 1 dari Sijunjung, juara 2 dari Kamang Baru, dan juara 3 dari Koto VII. Sedangkan dibagian putri, juara 1 dari Lubuktarok, juara 2 dari Koto VII, dan juara 3 dari Tanjung Gadang. Tartil Quran golongan menengah putra, juara 1 dari Koto VII , juara 2 dari Sijunjung dan juara 3 dari Sumpur Kudus. Untuk putri, juara 1 dari Koto VII, juara 2 dari Lubuktarok dan juara 3 dari Tanjung Gadang. Tartil quran golongan umum putra, juara 1 dari Sumpur Kudus, juara 2 dari Tanjung Gadang dan juara 3 dari Sijunjung. Sedangkan tingkat putri, juara 1 dari Koto VII, juara 2 dari Sijunjung dan juara 3 dari Lubuktarok.

Pada Cabang Fahmil Quran putra, juara 1 dari Sijunjung, juara 2 dari Koto VII dan juara 3 dari Sumpur Kudus. Dibagian putri, juara 1 dari Sijunjung, juara 2 dari IV Nagari dan juara 3 dari Sumpur Kudus.

Cabang Qasidah putra, juara 1 dari Sijunjung, juara 2 dari Sumpur Kudus dan juara 3 dari Kamang Baru. Dibagian putri, juara 1 dari Koto VII, juara 2 dari Sijunjung dan juara 3 dari Kamang Baru.

Pada Cabang Khutbah Jumat putra, juara 1 dari IV Nagari, juara 2 dari Koto VII, dan juara 3 dari Sumpur Kudus. Sedang di Cabang Syahril Quran putra juara 1 dari Koto VII, juara 2 dari Lubuktarok dan juara 3 dari Sijunjung. Unruk tingkat putri, juara 1 dari Lubuktarok, juara 2 dari Kamang Baru dan juara 3 dari Sumpur Kudus.

“Nah, dari hasil MTQ ke-39 tersebut, kafilah dari Koto VII keluar sebagai juara umum. Kemudian posisi kedua diraih Sijunjung, Kamang Baru diposisi ketiga dan Tanjung Gadang, Lubuktarok, Sumpur Kudus, IV Nagari diposisi 4, 5, 6, 7 dan Kecamatan Kupitan sebagai juru kunci. Selama pelaksanaan penutupan berjalan aman dan tertib,” sebut Kapolsek Sumpur Kudus, Mulyadi melaporkan. Saptarius