Nagari Berprestasi, Syafrizal Ucok: Nagari Pakan Sinayan Agam Makin Mempesona

172

JURNAL SUMBAR | Agam – Nagari Pakan Sinayan makin mempesona. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Drs. H. Syafrizal. MM saat mengunjungi Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Selasa (24/7-2018). Kunjungan itu dalam rangka penilaian Lomba Desa/Nagari Berprestasi tingkat Sumbar, dan rombongan disambut oleh Bupati Agam Ir. H. Indra Catri. MP beserta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah dan FORKOPIMDA Kabupaten Agam.

Dalam sambutannya Syafrizal mengatakan, Nagari Pakan Sinayan dinilai berdasarkan hasil lomba tingkat Kabupaten Agam, dan memang pantas mewakili Agam di tingkat Provinsi. “Apalagi selama ini sering juara tingkat Sumbar dan bahkan sering mewakili Sumbar ke tingkat Nasional,” ujar Syafrizal. “Harapan kita bersama tahun ini tentu Pakan Sinayan dapat kembali mewakili Sumbar di tingkat Nasional dan menjadi juara di ringkat Nasional,” tambahnya.

Untuk itu, lanjut Ucok, mohon buktikan kepada juri tentang kelebihan dan keunggulan Nagari Pakan Sinayan. “Sebab juri yang ada independen, sudah mempunyai integritas dan profesional yang sangat tinggi, sehingga kemampuan mereka tidak diragukan lagi,” ujarnya.

Sebelumnya Bupati Agam Indra Catri mengatakan bahwa Nagari Pakan Sinayan dinilai oleh Tim Provinsi untuk mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional, Nagari Pakan Sinayan sering disebut dengan Nagari “Batuah”.

Selanjutnya mantan ketua BAPPEDA kota Padang ini mengatakan bahwa Pakan Sinayan sudah semakin maju, karena adanya sinergitas dan integritas antara masyarakat dan pemerintah Nagari, pemerintah Kabupaten dan para perantau. “Yang tidak kalah pentingnya adalah peranan ninik mamak,” tegasnya.

Dikatakannya, selama ini nagari di Agam sering juara satu di tingkat Provinsi, dan bahkan di tingkat Nasional. “Harapan kita semoga tahun 2018 ini Pakan Sinayan dapat mewakili Sumbar untuk Nasional dan Juara Nasional,” demikian bupati menutup sambutannya.

Anggota Tim Juri terdiri dari Drs. H. Akmal Firdaus, Drs. H. Basril Thaher, dan Drs. H. Djufri (Pamong Senior), Fatmawati. SH (PKK), darmansyah Siroen. SH (LPM), Azwar. SE. MSi, Drs. Akral. MM, Firmanto. SIP dan Evi Zulfia Naroa. MSi (DPMD SUMBAR), Drs. Alkabri, (Dinas Pendidikan), Ade Prima (Dinas Kesehatan), Masta. S. Sos. MSi (Kesbangpol), Ogi Permana Putra. SIP (Biro Pemerintahan).

Tim juri menilai sesuai dengan bidangnya masing-masing, yaitu pemerintah, ekonomi, trantib, kesehatan dan pendidikan serta pemberdayaan masyarakat. Demikian dilaporkan. (Akral)