Peduli HAM, Kakanwil Kemenkum-HAM Sumbar Apresiasi Kinerja Bupati Pessel

33

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum-HAM) Wilayah Sumetera Barat menggelar acara Desiminasi Hak Asasi Manusia (HAM) bersama OPD dan Kepala Sekolah di Kabupaten Pessel, Kamis (12/7/2018).

Acara Desiminasi Hak Asasi Manusia pagi itu dibuka Staf Bidang Hukum dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Pessel, Muskamal. Dan, dihadiri langsung Kepala Kanwil Kemenkum-HAM Provinsi Sumbar, Dwi Prasetyo, dan Kepala Rutan Kelas II B Painan, Edy Mansah.

“Ini adalah kegiatan penguatan Kanwil Menkum-HAM Sumbar dengan Pemkab Pessel tentang Kabupaten Peduli HAM,” terang Dwi Prasetyo.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sangat perduli dengan HAM, dan hal itu bisa dilihat dari segi kesehatan, kejahatan turun, dan pendidikan. “Makanya, kita libatkan peserta dari Kepala Dinas dan Kepala Sekolah,” ujarnya.

Kepala Sekolah adalah ujung tombak dalam menjunjung tinggi HAM, terangnya lagi.

Dikatakannya, Kabupaten Pessel yang peduli HAM ini harus dipertahankan, karena hal ini akan diuji hingga empat bulan kedepan.

Seperti diketahui, geografis wilayah Pessel yang memanjang, dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kanwil Menkum-HAM Sumbar siap bekerjasama dengan Pemkab Pessel mendirikan Unit Kerja Imigrasi (UKK) dan Unit Pengawasan Orang Asing.

Tidak semua Kabupaten/Kota di Sumetara Barat yang peduli dengan Hak Asasi Manusia. “Jadi, ini harus terus ditingkatkan dan dipertahankan untuk lebih baik lagi,” tegasnya. (Rega Desfinal)