Pemkab Sijunjung Siap Sukseskan Imunisasi Massal Campak dan Rubella

132

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat sepakat untuk menyukseskan pelaksanaan Imunisasi Campak/Measles dan Rubella (MR) yang akan dilaksanakan pada 1 Agustus sampai dengan 31 September 2018 mendatang.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan bersama kegiatan penggalangan komitmen untuk mendukung pelaksanaan kampanye pemberian imunisasi MR (Campak dan Rubella) di Lapangan Prof. M. Yamin, SH Muaro Sijunjung, sebelum pelaksanaan apel gabungan, Senin (2/7/2018).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Kementrian Agama, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kominfo, Kepala DPMN, MUI, TP-PKK, RSUD Sijunjung, Camat Se Kabupaten Sijunjung, Pimpinan Puskesmas se Kabupaten Sijunjung dan Jurnalis, serta mengetahui Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan disaksikan oleh Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, Sekretaris Daerah, Zefnihan, AP.M.Si, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD serta Seluruh ASN di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dalam arahannya mengatakan dalam rangka menyukseskan imunisasi massal dan introduksi imunisasi MR tahun 2017-2018, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengajak kementrian/lembaga terkait, pemerintah daerah Kabupaten/Kota beserta perangkat kerjanya, Organisasi masyarakat sipil dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam imunisasi massal MR.

“Maka Kesepakatan ini dilaksanakan untuk menggerakan seluruh Kepala Puskesmas, Camat dan Pejabat pemerintah di seluruh pelosok kabupaten Sijunjung untuk menyukseskan pelaksanaan Imunisasi Campak dan Rubella bagi anak usia 9 bulan sd 15 tahun”, kata bupati.

Dijelaskan Bupati bahwa, Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung akan melaksanakan pemberian imunisasi ini di 297 Posyandu, dan 13 Puskesmas. Selain itu, pemberian imunisasi  akan menyasar ke  490 TK/PAUD,  211 SD/MI,  64 SMP/MTs dan 3 Sekolah Luar Biasa, sambung Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung Drg. Ezwandra, MSc, mengatakan, seluruh lapisan masyarakat juga akan dilibatkan untuk mensukseskan jalan nya imunisasi Campak dan Rubella.

Penyakit Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi yang menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. “Bahaya penyakit campak dapat menyebabkan anak terkena radang paru, radang otak hingga gizi buruk. Sedangkan Rubella dapat menyebabkan kebutaan, kepala kecil, katarak hingga gangguan pendengaran.Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini, tapi bisa di cegah melalui Vaksin MR, ini adalah upaya pencegahan yang terbaik untuk melindungi anak cucu kita, terangnya. Andri