Pompa Semangat Tendik, UNP Kembali Hadirkan Motivator Aqua Dwipayana

38

JURNAL SUMBAR | Padang – Menuju salah satu universitas unggul di Asia Tenggara, terutama di bidang ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, dan seni pada tahun 2020 berdasarkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa menjadi visi Universitas Negeri Padang. Untuk mewujudkan hal tersebut butuh penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas, diantaranya pengelenggaraan tata kelola universitas yang good university governance.

“Dengan maksud adanya tata kelola universitas yang lebih baik, maka kita hadirkan Aqua Dwipayana untuk memotivasi tenaga kependidikan, Tendik, baik dari tingkat universitas maupun fakultas selingkungan UNP,” ujar Wakil Rektor 2 UNP, Syahril, PhD dalam sambutanya pada pembukaan kegiatan yang bertajuk “Traning Motivasi oleh Dr Aqua Dwipayana, Konsultan Komunikasi dan Motivator”, Selasa (9/7) di Audtorium UNP.

Kali kedua Dr Aqua Dwipayana berada di UNP, sebelumnya pada PKKMB 2018 jalur SNMPTN. Kali ini Aqua memberikan materi tentang peningkatan produktivitas kerja. Dihadapan 700-an pegawai negeri sipil dan tenaga kontrak disemangati untuk kerja berkualitas melalui 4As yakni kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja keras dan kerja tuntas.

Pada kesempatan itu, Aqu Dwipayana, profesional bidang konsultan komunikasi yang berdarah Minang ini tak kehilangan akal untuk menghilangkan kantuk audiennya, ia kembali menampilkan vidio-vidio yang unik untuk menghilangkan kejenuhan pegawai UNP sekaligus menyemangati audiennya.

Aqua memaparkan perubahan yang mesti dilakukan pegawai UNP demi mewujudkan visi dan misi itu. Diantaranya adalah pegawai selingkungan UNP mesti peduli dengan UNP, mengikuti tupoksi pimpinan, tidak mau makan gaji buta dan belajar lebih baik, kerja kreativ dan bersemangat mendukung kinerja pimpinan. Sementara dari efisensi matikan listri sehabis bekerja dan tidak main game terus.

Usai memaparkan presentasinya, Aqua Dwipaya memberikan reward bagi pegawai Tendik yang berinteraksi dengannya. Aqua memberikan hadiah buku plus sekedar uang pulsa agar mendongkrak semangat pegawai Tendik untuk bertanya.

Mengawali motivasinya, Aqua juga mengingatkan pegawai Tendik UNP agar tetap mempererat kekeluargaan sesama karyawan, karena hubungan kekeluargaan yang erat sesama pegawai Tendik UNP akan membuat mereka merasa nyaman dalam bekerja dan loyalitas terhadap UNP akan semakin meningkat.

Diakhir kegiatan ini Afdalisma, kepala biro umum dan keuangan UNP mengungkapkan bahwa seperti diketahui melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya membuat jenuh dan bosan. Tentu, melalui training ini dapat memberikan motivasi untuk membangkitkan kembali semangat kerja mereka. (Humas UNP/Agusmardi)