Rakor Terakhir KPU Pessel, Parpol Harus Akomodir 30 Persen Keterwakilan Perempuan

92

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesisir Selatan gelar rapat terakhir koordinasi penyerahan berkas pendaftaran calon anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Pemilu tahun 2019, Selasa (3/7/2018) di Hotel Triza Rawang Painan. 16 penggurus partai politik yang ikut Pemilu tahun 2019, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan hadir di acara tersebut.

Ketua KPUD Pessel Epaldi Bahar memaparkan sosialisasi tentang penyerahan berkas pendaftaran calon anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Pemilu tahun 2019.

“Ini rapat koordinasi ketiga, diharapkan ini rapat terakhir, sebelum penyerahan berkas bahan calon,” tutur Epaldi.

Dikatakanya, setiap partai politik peserta pemilu tahun 2019 harus bisa memenuhi kuota keterwakilan perempuan 30 persen sesuai Dapilnya. Diperkirakan kurang lebih 720 bakal calon anggota DPRD akan ikut pada pencalonan anggota DPRD Pessel Pemilu tahun 2019.

Terkait hal ini, setiap bakal calon harus melengkapi persyaratan dan mematuhi aturan yang telah kita jelaskan dan paparan, kata Ketua KPUD Pessel itu.

“Acuan UU Peryaratan Berkas Pendaftaran calon anggota DPRD Pessel Pemilu tahun 2019, PKPU  No 20 Tahun 2018,” tegasnya.

Untuk itu Epaldi didampingi Medo Patria Koordinator Divisi Perencanaan dan Data KPUD Pessel menghimbau kepada seluruh penggurus Parpol agar mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratan yang diatur dalam PKPU No 20 tahun 2018.

Termasuk juga tenaga teknis operator Parpol, harus bisa aktif berkoordinasi dengan tenaga operator KPU Pessel, karena sistem pencalonan (Silon) dilakukan secara online.

Koordinator Divisi Perencanaan dan Data KPU Pessel, Medo Patria menambahkan, terkait keterwakilan perempuan 30 persen, pihak KPU Pessel akan turun mengecek keterwakilan perempuan di 5 Dapil yang ada.

“Selama 14 hari, 4 sampai 17 Juli 2018 KPU Pessel memberikan waktu menyerahkan berkas bakal calon,” tegas Medo.

Namun begitu KPU Pessel tetap akan memberi waktu perbaikan berkas bakal calon, bagi di luar perempuan, akhirinya. (Rega Desfinal)