Sampai Hari Kesepuluh Pendaftaran, KPU Pessel Belum Pecah Telur

69

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan–Semenjak dibuka pada tanggal 4 Juli 2018, sampai Jumat sore (13/7) belum satupun Partai Politik yang mendaftar calegnya ke KPU Pesisir Selatan.

Hal ini berdasarkan data KPU Pessel, dimana hingga hari kesepuluh, Jum’at (13/7/2018), pihak KPU belum “Pecah Telur”, dalam artian belum menerima satupun pendaftaran Parpol.

Dihubungi melalui Ponselnya, Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar, membenarkan hal tersebut. Menurutnya hal ini sedikit berbeda dengan proses Pemilu sebelumnya, yang biasanya sudah mendaftar beberapa Parpol pada hari Ke 7.

“Sedikit berbeda dari Pemilu tahun lalu. Hingga hari ke sepuluh ini, belum satupun Parpol yang mengkonfirmasi pendaftaran ke KPU,” ujarnya.

Meski demikian, menurut Epaldi, pihak KPU tetap menunggu Partai Politik yang ingin mendaftar ke KPU hingga batas waktu yang ditentukan, yakni 17 Juli 2018.

“Kita tetap layani pendaftaran hingga 17 Juli mendatang setiap hari pada jam kerja, kecuali pada hari terakhir kita buka hingga jam 24.00 WIB.” terangnya.

Sementara itu salah seorang Ketua Partai Politik di Pessel mengaku, saat ini pihak Parpol masih melakukan persiapan pendaftaran dengan merangkum seluruh persyaratan administrasi yang dibutuhkan bagi para bakal calon.

“Kita upayakan secepat mungkin mendaftar ke KPU. Sekretariat hingga kini masih mengumpulkan data untuk diinput ke SILON.” jawab Marwan Anas, Ketua DPC PPP Pesisir Selatan.

Meski memakai Sistem Informasi Pencalonan (SILON) yang sedikit berbeda dengan Pemilu sebelumnya, pihak Partai Politik hingga hari ini belum menyatakan keluhan ataupun kendala terkait hal tersebut.(Rega Desfinal)