Satbinmas Polres Sijunjung Sosialisasikan Operasi Bina Karuna di BLK Muaro

61

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam rangka pelaksanaan operasi Bina Karuna Satuan (Sat) Binmas Polres Sijunjung, Rabu (18/7/2018), mengadakan sosialisasi terahadap para peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sijunjung, Sumbar.

Sosialisasi di BLK Kabupaten Sijunjung itu diikuti peserta latihan dan karyawan/ti BLK sebanyak 120 orang.

Pemateri di acara tersebut langsung diberikan Kasat Binmas AKP Isburman. Adapun materi yang disampaikan adalah antisipasi dan cegah bahaya kebakaran hutan dan lahan dalam rangka antisipasi timbulnya kabut asap yang bisa mengganggu pelaksanaan Asian Games 2018 yang sebahagian dilaksanakan di Palembang.

Disamping itu, Kasat Binmas dalam sosialisasi juga sampaikan antisipasi kejahatan jalanan karena peserta mayoritas generasi muda yang kisaran usia lebih kurang 20 s/d 30 tahun. Penjelasan itu disampaikan tentang pengertian kejahatan jalanan dengan memberikan contoh, melakukan penyetopan mobil dijalan dan meminta uang kepada sopir dengan alasan perbaikan jalan rusak.

Melakukan pembegalan dan melakukan pemerasan dan lainnya juga bagian materi penyampaian disosialisasi disampaikan Kasat Binmas Polres Sijunjung.

Selanjutnya Kasat Binmas menghimbau kepada peserta pelatihan tersebut jangan sampai terlibat dengan kegiatan dimaksud karena perbuatan itu adalah perbuatan yang melanggar hukum dan apabila dilanggar akan ada sangsi hukumnya.

Tak hanya di BLK, sosialisasi juga disampaikan diberbagai lokasi seperti di Jorong Bato, Nagari Sijunjung juga memberikan himbauan kepada warga tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan. Kegiatan tersebut disampaikan oleh KBO Binmas Iptu Ulgarmaini bersama Kanit Bintibmas Ipda Syafril yang didampingi oleh anggota yang dilibatkan operasi Binakaruna Singgalang 2018.

Selama kegiatan tersebut berjalan lancar, aman dan dapat dipahami oleh peserta pelatihan dan para peserta memberiakan apresiasi terhadap Polres Sijunjung dan agar kegiatan ini dilakukan berkesinambungan agar seluruh lapisan masyarakat memahami pentingnya hukum dan aturan di NKRI ini. Saptarius