Sekda Erizon Minta PPID Pembantu di Pessel Optimalkan Daftar Informasi Publik

89

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Ir. Erizon menghimbau kepada seluruh PPID Pembantu, agar mengoptimalkan Daftar Informasi Publik yang dirilis di website masing-masing.

Menurut Sekda berdasarkan, hasil evaluasi, sejumlah PPID pada OPD dan Kecamatan masih belum maksimal sesuai dengan target 100 informasi.

“Kita menghimbau kepada masing-masing PPID Pembantu agar dapat memberikan Daftar Informasi Publik minimal 100 informasi,” ucap Sekda.

Ia menambahkan, informasi yang diberikan tidak harus bersifat birokrasi, namun juga bersifat umum, agar masyarakat lebih mengenal dan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dan se-akurat mungkin tentang daerah.

“Tidak selalu mengenai birokrasi dan anggaran, informasi yang bersifat umum juga dapat dirilis. Hal ini guna mendukung program pemerintah khususnya Undang-undang Keterbukaan Publik, sehingga akses masyarakat dapat lebih luas dalam mendapatkan informasi, sekaligus promosi daerah,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan Junaidi menjelaskan, saat ini Pessel sudah memiliki 42 PPID Pembantu yang terdapat pada OPD dan Kecamatan.

Selain itu, menurut Junaidi saat guna menunjang program Smart Nagari yang diluncurkan oleh Kabupaten Pesisir Selatan, setidaknya 20 Nagari sudah dipersiapkan untuk tahun 2019.

“Kita sudah persiapkan 20 Nagari untuk, menjalankan program Smart Nagari yang sudah mulai kita laksanakan. Nantinya seluruh nagari kita harapkan dapat menjalankan program tersebut guna penyebaran informasi lebih luas,” tutupnya.(Rega Desfinal)