Setelah Dua Hari Hilang, Korban Dasril Ditemukan Mengapung di Eks Lubang Tambang

1219

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Setelah melakukan pencarian hingga dua hari, akhirnya korban Dasril alias Dobin, 45 tahun warga Sungai Gemiri yang menjadi korban tenggelamnya perahu di Sungai Batang Ombilin Pulsu Basuang, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, ditemukan.

Korban ditemukan pada Kamis (5/7/2018) pagi oleh salah seorang warga yang hendak menyeberang sungai persis ditempat korban tenggelam. “Alhamdulillah pagi ini (Kamis,5/7/2018-red) korban sudah ditemukan pada pukul 07. 23 WIB. Korban ditemukan persis ditempat korban tenggelam tepatnya di bekas lobang tambang dalam keadaan mengapung,” kata Sekretaris Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sujunjung, Syamsul Bahri.

Mengetahui ada mayat mengapung warga itupun melaporkan pada pihak Tim SAR dan BPBD Sijunjung serta Personil Polres Sijunjung dan TNI yang berposko di pinggiran sungai Batang Ombilin. Seketika Tim SAR itupun ke TKP dan mengevakuasi korban menggunakan perahu sampan.

Padahal pencarian korban hingga mencapai radius 7 kilometer namun korban ketika itu tak ditemukan. Rupanya Kamis (5/7/2018) korban ditemukan nyangkut dan mengapung persis ditempat korban tenggelam tepatnya di eks lubang tambang. Korban ditemukan dalam kondisi sudah kaku dan kembung.

Kapolsek Koto VII, AKP Haji Suyanto,SH juga membenarkan atas penemuan korban tersebut. ‘Kini korban sudah dievakuasi ke rumah duka dan hari ini juga segera dikebumikan,” kata Kapolsek Koto VII, Suyanto pada awak media Kamis (5/7/2018).

Dalam pencarian korban tersebut melibatkan Tim SAR (Search And Rescue) yang di Ketuai Tim Basarnas Padang Wahyu Hidayat, anggota BPBD, Polri, dan anggota Kodim 0310/SS dan warga. Bahkan pihak BPBD Sijunjung dan Tim SAR juga mendirikan tenda dan posko dipinggiran lokasi korban tenggelam.

Seperti diberitakan senelumnya, kelima warga yang menjadi korban arus Sungai Batang Ombilin Pulsu Basung, Jorong Sungai Gemiri, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat itu adalah, Baktri panggilan Pondok, 56 tahun, Jumaidi alias Ijum, 45 tahun, Sicuk, 43 tahun, dan Widaya,15 tahun semuanya warga Jorong Sungai Gemiri, Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII, yang selamat.

Sedangkan korban Dasril panggilan Dombin, 45 tahun, Tobo, warga Jorong Sungai Gemiri, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, baru ditemukan pada Kamis (5/7/2018) pagi oleh warga persis tempat korban tenggelam di lobang bekas tambang.

Kejadian itu berawal sekitar pukul 16.00 WIB, korban Dasri alis Dombin beserta 4 orang lainnya hendak pulang kerumah sehabis panen padi orang lain dengan mengunakan perahu dayung. Setelah berjalan di Sungai Batang Ombilin sekitar 10 meter, perahu dayung tersebut terbalik dihantam arus sungai.

Empat orang korban selamat berpegangan pada perpohonon yang ada dipinggir sungai dan akhirnya dapat selamat. Sayangnya, korban Dombin tak terselamakan.

Selanjutnya 4 orang yang selamat di bawa ke Puskesmas Padang Laweh untuk di lakukan perawatan ketika itu. Saptarius