Sosialisasi Reformasi Birokrasi PTN, UNP Hadirkan Sekjen Kemenristekdikti RI

693

JURNAL SUMBAR | Padang – Universitas Negeri Padang terus berupaya mewujudkan visinya menjadi salah satu universitas unggul di Asia Tenggara. Salah satu upayanya itu, menciptakan birokrasi yang profesional, bersih dan melayani. Untuk itu, Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD mengundang Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti RI, Prof Ainun Na’im, PhD, MBA, Jumat (6/7).

“Sejak meraih Akdreditas A, tata kelola UNP sebagai BLU mengalami perubahan diantaranya efisiensi dan produktivitas lembaga terus dipacu,” ujar Rektor UNP, Prof Ganefri saat membuka Kuliah Umum Reformasi Birokrasi bersama Prof Ainun Na’im.

Menurut Rektor UNP itu, Untuk menciptakan birokrasi yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara, Universitas Negeri Padang (UNP) perlu menyelenggarakan Kuliah Umum Reformasi Birokrasi, Jumat (6/7).

“Kehadiran Pak Sekjen Kemenristekdikti RI, Prof Ainun memang diharapkan sekali, Alhamdulillah dari beberapa kali kami mengkomunikasikan, hari ini beliau berkesempatan hadir,” ujar Prof Ganefri.

Pada kesempatan itu, Prof Ainun Na’im memaparkan masalah birokrasi di PT, diantaranya organisasi di sebagian PTN terlalu besar, perlu perbaikan Organisasi Tata Kerja. Kedua, proporsi dosen yang menjabat struktural di PTN relatif besar, ketiga proporsi SDM Non-Akademik yang relatif besar dan keempat adalah inefisiensi, produktivitas dan kualitas yang rendah serta yang kelima adalah penggunaan sarana bersama belum optimal.

Menurutnya, dalam mewujudkan PTN kelas dunia, mesti didukung oleh SDM yang profesional dan berintegritas tinggi yang mampu menyelenggarakan pelayanan prima kepada masyarakat dan manajemen PTN yang demokratis agar mampu menghadapi tantangan pada abad ke 21 melalui tata PTN yang baik pada tahun 2025.

Kuliah umum itu selain dihadiri pimpinan Dekanat selingkungan UNP juga turut hadir pejabat tenaga kependidikan. Turut hadir Dewan Pengawas dan Pimpinan Senat UNP. (Humas UNP/Agusmardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here