Targetkan Pendapatan Rp70 Miliar, RSUD M Zien Painan Terus Tingkatkan Pelayanan

185

JURNALSUMBAR| Pesisir Selatan – 2018, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan menargetkan pendapatan hingga Rp70 miliar. Hal ini disampaikan Direkturnya, dr. Sutarman, Selasa (03/07/2018) di ruang kerjanya.

Dikatakan Sutarman, target awal adalah Rp 56 miliar, tapi ada peningkatan menjadi Rp 70 miliar. “Target itu ditunjang dengan memberikan pelayanan yang baik, yaitu dengan semboyan senyum, salam, sapa, dan santun,” ujarnya.

Ditambahkan, pelayanan sudah optimal. Pasien datang dari umum dan BPJS. Pelayanan juga ditunjang dengan bedah saraf dan jantung serta spesialis lainnya. Juga ada pelayanan jiwa dan mata setiap hari.

“Secara umum, 80 persen pasien kita masih dari BPJS. Dari APBD, kita hanya untuk pasien bermasalah, Rp150 juta. Nanti akan kita minta tambahnan Rp500 juta,” terang Direktur Sutarman sembari menyebutkan, sampai triwulan II, target penerimaan sudah sampai Rp30 miliar.

“Upaya kita adalah peningkatan pelayanan. Peningkatan jumlah obat dan memulai pelayanan lebih awal. Dokter spesialis harus datang lebih awal,” ujarnya. “Pasien kita mencapai 180 orang per hari yang dirawat,” tambahnya.

“Kita juga bakal membuka dua loket. Nanti ada Poli Eksekutif. Jadi, dokter spesialis bisa praktek sore di RSUD,” papar Sutarman lagi. “Nah, ini juga mendongkrak penerimaan,” tambahnya.

Disamping itu, lanjutnya, mengingat ketatnya persaingan bisnis medis, kendala kita selama ini adalah obat. “Stok kurang dari penyedia. Seperti Malaria kita butuh stok dari penyedia,” ujarnya.

Di RSUD M Zein Painan juga direncanakan membangun Gedung VIP tiga tingkat dengan konsep seperti hotel pakai lift. Nanti ada bangsal baru yang lebih ekslusif. “Ini kita rencanakan 2019, kita sekarang tinggal bikin DED. Juga untuk ruangan TBMDR (multy druger resistance) untuk orang yang kebal obat,” jelasnya.

“Program ini disetujui bupati. Rencana investasi Rp10 miliar. Rp2 miliar untuk Paru,” tegasnya. “Ini sudah termasuk biaya DED,” tukuknya.

“Ini kami targetkan juga rampung tahun depan. Saat ini kami tengah mencari konsultan, rencananya pakai konsultan luar,” pungkas. (Rega Desfinal)