Tingkatkan Efektifitas Pemungutan Pajak, Pemkab Sijunjung Gelar Pekan PBB-P2

67

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sijunjung selenggarakan Pekan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB – P2) serta Rapat Koordinasi Keuangan Daerah tahun 2018, di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis (26/7/2018).

Acara yang diikuti oleh Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari Se Kabupaten Sijunjung, BKP Kecamatan serta Kolektor Nagari ini dibuka oleh Bupati Sijunjung, H.Yuswir Arifin dan dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan, AP.M.Si serta Kepala BKAD Kabupaten Sijunjung, Jaheri, S.Sos.M.Si.

Laporan Ketua pelaksana disampaikan oleh Kepala Bidang Pajak, Ramli, SE menyebutkan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pemungutan pajak PBB-P2 melalui penguatan komitmen seluruh stakeholder, agar target PBB-P2 dapat tercapai sebelum tanggal jatuh tempo, serta untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan APBD 2018 sekaligus persiapan penyusunan APBD-P dan APBD tahun 2019.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada sambutannya sangat menyambut baik dilaksanakannya pekan Panutan PBB – P2 yang sekaligus di sejalankan dengan Rakor keuangan daerah tahun 2018 ini.

” Kegiatan ini mempunyai arti yang sangat penting bagi keberlangsungan roda pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah kita kedepannya,” ucapnya.

Seperti kita ketahui, selama PBB P2 menjadi pajak daerah yaitu 2014 – 2017, kita belum pernah berhasil 100%. Artinya 4 tahun terakhir selalu ada Kecamatan dan Nagari yang tidak lunas PBB P2 sampai jatuh tempo. Kondisi ini perlu menjadi perhatian bagi seluruh camat, Wali Nagari dan para Kolektor dan seluruh yang terkait dengan pengelolaan PBB-P2 ini, agar di tahun 2018 ini hal serupa tidak terjadi lagi, harap Bupati.

“Saya berterima kasih dan sangat mengapresiasi Kecamatan dan Nagari yang telah bekerja keras untuk memungut PBB -P2 ini, teristimewa tentunya bagi Kecamatan dan Nagari yang berhasil memungut sesuai pokok ketetapan atau lunas 100%,” ungkapnya.

Terkait dengan pelaksanaan Rakor keuangan daerah tahun 2018 kata Yuswir “ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian serius bagi kita yaitu, realisasi pendapatan daerah per 19 juli 2018 berada di angka 53,06% atau Rp.482,602 Milyar lebih dari target sebesar Rp.909,559 Milyar lebih ditahun 2018.Sedangkan Realisasi belanja Daerah sampai kondisi 20 juli adalah 39,81% atau Rp.372,876 Milyar lebih dari target Rp.986,985 Milyar lebih yang terdiri dari belanja tidak lansung (BTL) 49,32% dan belanja lansung (BL) 27,75%,” sambung dia.

“Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan belanja daerah, kepada seluruh SKPD sesuai dengan kewenangan dan potensi pendapatan yang ada di masing masing SKPD, diminta untuk bersungguh sungguh merealisasikan target target penerimaan yang sudah di tetapkan, serta Kepada Camat dan Wali Nagari saya minta untuk melaksanakan program dan kegiatan pemerintahan di nagari dengan baik,” harap Yuswir Arifin.

Dikesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada Kecamatan yang Lunas PBB – P2 tahun 2017 yaitu Kecamatan Tanjung Gadang serta Nagari yang telah melunasi PBB tahun 2018 adalah Nagari Tanjung Gadang, Kandang Baru, Batu Manjulur, Maloro, Aia Angek, Tamparungo, Kampuang Dalam, Siaur, Solok Ambah, Kampuang Baru, Taratak Baru, Tanjuang Kaliang, Latang dan Nagari Silongo. Andi