Vinna Melwanti, Jurnalis Perempuan Minang Pertama Maju ke Senayan

167
Vinna Melwanti

JURNAL SUMBAR | Padang – Terinspirasi mengaktualisasikan diri, Jurnalis perempuan senior Minang ini terjun ke kancah politik.

Adalah Vinna Melwanti, bergabung ke Partai Demokrat. Dia tercatat menjadi calon anggota legislatif untuk DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Sumbar 2.

Untuk Sumbar, sepanjang sejarahnya, baru kali ini ada jurnalis perempuan yang berani bertarung untuk kursi DPR RI.

Vinna mendaftar maju di Sumbar Dua. Sebagai jurnalis ia berjanji untuk memperjuangan kepentingan perempuan, daerah dan jurnalis.

Saat ini sejumlah jurnalis perempuan yang sudah dan akan maju ke DPR RI misalnya, Grace Natalia, Isyana Bagoes Oka, dan Meutya Hafid yang telah berhasil duduk di kursi parlemen.

Jumlah jurnalis di parlemen amat sedikit. Padahal penting guna memberi warna dalam parlemen.

Dunia wartawan bagi perempuan mungkin sudah menjadi hal biasa, Tapi Vinna yang asli Kubang, Kabupaten 50 Kota merupakan fenomenal di kalangan wartawati. Tidak banyak yang mampu mencapai pucuk pimpinan wartawan, atau pemimpin redaksi. Apalagi di usia muda.

Dunia wartawan dilakoninya sejak tahun 2002, dengan bergabung di Harian Padang Ekspres. Berbagai bidang digelutinya termasuk memiliki jaringan yang kuat di dunia peradilan dan kejaksaan. Lulusan Fakultas Hukum Unand ini menjadi wartawan adalah panggilan jiwanya.

Tahun 2009, Vinna dipercaya sebagai Pemimpin Redaksi di Padang TV. Saat itu umurnya belum genap 30 tahun, tapi sudah menduduki puncak tertinggi karirnya sebagai wartawan.

Selama menjadi Pemred, berbagai inovasi dan kreativitas dilakukan. Vinna membuat berbagai program yang memiliki pengaruh di Sumatera Barat. Program tersebut diantaranya Debat Kandidat Kepala Daerah, Dialog Forum Editor bersama Pemred-pemred di Sumbar, Talkshow live dari berbagai tempat dan program program lainnya.

Salah satu lekat tangannya adalah Program Ngobrol Politik atau Ngopi. Dalam program tersebut, Vinna sekaligus menjadi host acara. Berbagai kalangan dan tokoh dihadirkan di program ini. Banyak tokoh yang ingin tampil dalam program mingguannya.

Tahun 2016, Vinna melepas jabatan Pemred nya, dan hijrah ke Jakarta. Di Ibukota Vinna dipercaya menjadi penanggung jawab online Tabloid Nyata di bawah bendera Jawa Pos Grup. Setahun kemudian ia bergabung dan menjadi Direktur pemberitaan di media nasional lain. Rkj