Babinsa Rayendra Latih Gapoktan Pancung Tebal Bertani Organik

36

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pengabdian tanpa henti tampaknya memang sudah menjadi darah daging bagi seluruh prajurit TNI-AD dimanapun berada, baik itu dalam membantu masyarakat secara fisik maupun dengan memberikan semangat, dukungan, ataupun yang lainya.

Seperti yang tengah dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/Bayang Kodim 0311/Pessel Sertu Rayendra saat memberikan pelatihan pertanian organik kepada seluruh Gapoktan Kenagarian Pancung Tebal Kec. IV Nagari Bayang Utara, Minggu (5/8/2018).

Dalam pelatihanya, Sertu Rayendra mengungkapkan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, mengingat masih banyaknya para petani yang cendrung menggunakan cara bertani yang turun temurun tanpa mengetahui secara detail mulai dari bibit, pengolahan, bahkan perawatanya, sehingga dapat merugikan petani itu sendiri.

“Perlu kita ketahui bersama pada prinsipnya untuk tanaman berbuah, contohnya padi itu memiliki dua pase, yang pertama pase vegetatif (mulai tanam sampai berbunga) pase generatif (pramudia atau mulai berbunga sampai panen) itu memiliki kebutuhan yang berbeda baik itu penyemprotan, maupun pemupukan harus memiliki porsi uang berbeda-beda,” tambahnya”.

Sementara itu, Safryal (45) selaku anggota kelompok tani yang hadir sangat antusias mengikuti pelatihan ini, karna sangat berguna guna meningkatkan hasil panen para petani.

“Sangat berguna, karna ini menyangkut juga kepada peningkatan penghasilan masyarakat, apabila pertanianya (padi) hasilnya banyak, sudah tentu akan menambah penghasilan masyarakat,” sebutnya.

Kegiatan yang berlangsung di ruang serbaguna kantor walinagari pancung tebal ini turut di hadiri oleh ketua BPK Kec Bayang Utara, walinagari serta seluruh pengurus gapoktan yang berada wilayah tersebut.(Rega Desfinal)