Bersinar, Indang Dewata Kini Dipercaya Jadi Ketua Prodi S2 Ilmu Lingkungan UNP

793

JURNAL SUMBAR | Padang – Inisiator pengorbit puluhan sekolah menjadi Sekolah Adiwiyata dan mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Dr. Indang Dewata (53 tahun), Selasa (14/8) dilantik sebagai Koordinator Prodi Lingkungan Megister (S2) Universitas Negeri Padang.

Indang Dewata yang bidang keilmuannya S3 Kimia Analitik meyakni dirinya mampu mengembangkan jejaring kerjasama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam penyelenggaraan Program Studi S2 Ilmu Lingkungan yang berkualitas di UNP.

“Saya sangat terinpirasi oleh kinerja Rektor UNP, yang ingin melakukan percepatan untuk kemajuan universitas,” ujar ilmuan yang tercatat sebagai dosen FMIPA UNP itu usai dilantik oleh Rektor Prof. Ganefri di Aula FMIPA, Selasa (14/8).

Dia mengaku keputusan Rektor UNP Nomor 415/UN35/KP/2018 per tanggal 12 Juli 2018 lalu untuk mengangkat dirinya sebagai Koordinator Prodi S2 Pasca Sarjana 2018-2021 merupakan amanah yang mesti diembanya dengan sebaik-baiknya.

“Saya fokus dengan Ilmu lingkungan, karena mengintegrasikan ilmu fisika, biologi, kimia, ekologi, ilmu tanah, geologi, sains atmosfer, dan geografi untuk mempelajari lingkungan, dan solusi dari permasalahan lingkungan. Ilmu lingkungan menyediakan pendekatan yang terintegrasi untuk mempelajari sistem lingkungan,” katanya.

Indang mengungkapkan Ilmu Lingkungan Hidup memulai pembelajaran dan investigasi secara aktif di tahun 1960an didorong oleh kebutuhan pendekatan untuk menganalisa masalah lingkungan yang kompleks seperti; perubahan cuaca, masalah kelangsungan hidup serta sumber daya bumi yang terus berkurang.

Dalam kepemimpinannya sebagai Ketua Prodi S2 Ilmu Lingkungan dimasa tiga tahun mendatang, Indang berupaya menjadikan Pascasarjana UNP menghasilkan magister Ilmu Lingkungan yang kualifaid, yakni berakhlak mulia dan memiliki integritas kepribadian tinggi, cepat tanggap terhadap setiap perubahan dan kemajuan dan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya permasalahan lingkungan yang dihadapi masyarakat dan kepemerintahan.

Disisi lain alumni Prodi S2 Ilmu Lingkungan UNP, ditargetkannya, memiliki kemampuan dalam upaya pengelolaan lingkungan, mampu merumuskan program pengendalian lingkungan dengan pendekatan ekologi geografi dalam kerangka analisis lingkungan untuk perencanaan pembangunan, pengembangan dan evaluasi tata ruang wilayah. (Agusmardi)