Bupati Hendrajoni Letakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Muara Sakai

127

JURNALSUMBAR| Pesisir Selatan – Bupati Hendrajoni secara resmi peletakkan batu pertama pembangunan pasar Muaro Sakai di Kecamatan Pancung Soal, Kamis (23/08/2018)

Menurut Hendrajoni, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan terus menggenjot pembangunan infrastruktur penunjang perekonomian, salah satunya pembangunan pasar.

Sebab, pasar dinilai sebagai wajah perekomian suatu daerah. “Karena saya lihat hampir semua pasar di sini sudah tua,” ungkap Bupati Hendrajoni.

Peletakkan batu pertama tersebut disaksikan Dandim Letkol. Arh. Wahyu Akhadi, Kapolres Fery Herlambang dan Ketua PKK, Lisda Hendrajoni.

Pasar Muaro Sakai dibangun dengan dana senilai Rp1,8 miliar. Pendanaan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan tahun anggaran 2018.

Selain Pasar Muaro Sakai, tahun ini pemerintah daerah juga melakukan pembangunan sejumlah pasar tradisional lainnya. Yaitu lanjutan pembangunan Pasar Tapan, Pasar Batangkapas, Pasar Labuhan, Pasar Padang Cupak, Kecamatan Lengayang, Pasar Lunang dan sejumlah pasar tradisional lainnya.

Dengan tersedianya pasar yang memadai, lanjut Bupati, diharapkan dapat mendorong laju transaksi jual beli.

“Hal itu secara otomatis meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab, para pedagang dan pembeli sudah merasa nyaman bertransaksi,” sebut bupati.

Pembangunan pasar itu juga sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang ingin membangun sarana dan prasarana ekonomi yang memadai.

Apalagi, upaya itu juga sejalan dengan program Presiden Joko Widodo yang menargetkan peremajaan 5.000 pasar tradisional setiap tahunnya.

Bahkan, pemerintah daerah sejak 2018 ini telah mengalokasikan dana untuk pembangunan sarana dan prasarana perekonomian hingga 500 persen.

“Ini bukti kesungguhan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ujar Hendrajoni.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK juga memberikan bantuan kursi roda pada masyarakat yang membutuhkan. (Rega Desfinal)