Demplot Percontohan, Kodim 0311/Pessel Panen Padi Bersama di Sawah Laweh Bayang

90

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kodim 0311/Pessel bersama unsur Forkopimda Kabupaten Pesisir Selatan panen padi bersama di nagari Sawah Laweh, kecanatan Bayang, Kamis (2/8/2018).

Menurut Dandim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi, S.H mengatakan, kegiatan ini selain merupakan perintah komando, juga merupakan percontohan kepada masyarakat dalam pengolahan pertanian.

“Diharapkan dengan adanya demplot seperti ini agar dicontoh oleh masyarakat dalam pengolahan pertanianya, karena dengan menggunakan sistim tanam jajar legowo yang kita contohkan ini memiliki banyak keuntungan, seperti kurangnya hama dan memiliki batang yang banyak,” harap Dandim.

Bupati Kabupaten Pesisir Selatan H. Hendrajoni yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun), Jumsu Trisno sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat membantu pemerintah khususnya dinas pertanian dalam mewujudkan swasembada pangan yang tengah digelorakan.

“Dinas pertanian dalam hal ini sangat terbantu, karena kalau dipersentasekan dari tahun ke tahun peningkatan hasil produksi pertanian di wilayah kabupaten Pessel naik cukup signifikan sekitar 5,8 % pertahunanya dibandingkan dengan tahun 2016 dan 2017,” ujarnya”.

Kegiatan yang bertema, melalui pembinaan ketahanan pangan prajurit TNI-AD siap mendukung pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan sebagai pilar perekonomian bangsa dengan memamfaatkan sumber daya yang ada di wilayah itu juga dihadiri pejabat yang mewakili Kapolres Pessel, Kajari, Ketua DPRD, Kagud Bulog Sago, serta Muspika dan perangkat nagari serta perwakilan keltan dan masyarkat nagari sawah laweh. (Rega Desfinal)